KabariNews – Bagi Anda Warga Negara Asing yang sering bepergian ke Amerika Serikat, pasti tidak asing dengan Green Card Lottery. Namun, tahukah Anda untuk mendapatkan kartu hijau ini tidak perlu membayar di perusahaan-perusahaan yang  meminta Anda untuk membayarnya.

Berikut penjelasan  Jason Y. Lie, Pengacara asal Indonesia yang tinggal di Los Angeles, California. “Perlu diketahui bahwa Anda tidak perlu pengacara untuk registration Lottery Green Card ini.  Saya dengar banyak perusahaan-perusahaan yang kirim email memberikan servis  dengan pungut bayar sekian untuk dibantu registration. Sebetulnya tidak perlu dibayar langsung saja masuk ke website imigrasi department off state Amerika sini untuk submit online,” ujar Jason kepada Kabari TV.

Periode registrasi berlaku untuk setahun. Setiap tahun akan diberi pengumuman untuk memperpanjang kartu tersebut dan registernya dilakukan secara online di alamat website Imigrasi Amerika yakni www.dvlottery.state.gov.

“Setiap tahun pengumuman untuk Lottery Green Card ini pasti ada dan ada juga pembukaan dan periode registrasinya. Biasanya tiap tahun awal bulan Oktober samapai awal bulan November itu periode untuk register untuk tahun depannya,” jelasnya.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Green Card Lottery .

  1. Jika Anda berada di Amerika harus memiliki status legal.
  2. Minimum umur 18 tahun.
  3. Harus memiliki ijasah SMA, jika tidak memiliki harus pernah memiliki pengalaman 2 tahun bekerja sebagai kasir atau recepsionist.

Tak hanya syarat, Jason juga membagi tips bagi Anda yang sudah berkeluarga agar memasukan dua pilihan registration sehingga memiliki dua pilihan.“Anda masukan satu registration atas nama suami, istri, anak kedua dan ketiga dalam satu registration. Kemudian satu lagi dalam satu registration atas nama istri dan suami dibelakangnya dan anaknya dibelakangnya jadi Anda memiliki dua registration, Anda memiliki dua pilihan, anyway its free,” tutupnya. (Kabari1006/foto:ist)