KabariNews – Sutradara ternama Hanung Bramantyo kembali melahirkan satu karya terbaiknya berjudul Kartini. Hanung mengaku melalui film terbarunya ini, ia ingin mempersembahkan untuk kaum pria agar lebih mengenal sosok wanita lebih baik lagi.

“Saya sebagai laki-laki setelah membuat film ini,  jadi mengerti cara men-treat seorang perempuan. Saya jadi mengerti ‘oh perempuan maunya seperti ini’. Dengan begitu film ini saya persembahkan kepada laki-laki bukan buat perempuan,” ujar Hanung usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat.

Film biografi perjuangan RA. Kartini telah menjadi ide sejak dua tahun lalu. Namun,  baru direalisasikannya pada tahun 2017. Film ini akan di-launching pada 5 April mendatang. Melalui film ini Hanung ingin berbagi bagaimana ia menjelajahi sosok Kartini.

“Sejak dua tahun yang lalu kita punya ide tentang film Kartini. Akhirnya sekarang hari yang sangat kita nantikan. Saya kepingin bahwa ini nggak sekadar film yang hanya karena menceritakan sejarah bahwa ini loh sejarah Kartini. Saya tidak sedang bercerita tentang itu tetapi saya kepengen sedang sharing terutama kaum laki-laki bagaimana penjelajahan tentang sosok Kartini atas dasar. Karena saya penasaran sebenarnya karena setiap setahun sekali saya harus berbaju surjan hanya karena memperingati hari lahirnya beliau setiap tanggal 21 April, oleh karena itu saya menelusuri kisah ini,” katanya.

Suami dari aktris Zaskia Adya Mecca ini, mengatakan melalui film Kartini ini ia menjadi lebih mengerti bagaimana cara memperlakukan wanita.

“Saya menemukan satu fakta yang buat saya Kartini tidak hanya diperingati pada sebatas menggunakan pakaian tradisional tapi lebih dari itu. Dan apa yang kita rasakan sebagai perempuan dan laki-laki hidup di jaman modern ini dengan kita bisa sekolah, kita bisa bebas menentukan pilihan kita adalah bagian dari cita-cita Kartini,” tutupnya.

Film ini dibintangi oleh Dian Sastriwardoyo, Reza Rahardian, Acha Septiasa, Ayushita, Christine Hakim, Adinia Wirasti dan Deddy Sutomo. (Kabari1006/foto&video : 1006)