KabariNews – Sejumlah masyarakat Indonesia  di luar negeri berkumpul serta memadati  ruas jalan antara Madison Avenue dan 5th Avenue Manhattan, New York yang ditutup khusus untuk penyelenggaraan Indonesian Street Festival (ISF) pada Agustus kemarin.

Festival yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan komite ISF 2017 ini sukses menarik masyarakat Indonesia dan warga New York. Ribuan orang mengalir bergantian tertib mengantre panjang didepan 27 tenda kuliner autentik Indonesia termasuk tenda fashion dan kerajinan serta menikmati beraneka ragam acara dan ekshibisi budaya yang digelar untuk memeriahkan ISF 2017.

Dalam pantauan Kabari, turut hadir Marcella Zalianty, seorang pelaku seni peran asal tanah air ikut memeriahkan acara tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan dalam acara kunjungan Marcella ke Amerika mengenai promosi film Indonesia di negeri Paman Sam, sekalian mampir ke ISF.

“Sekalian aja, sayang kan kalau ngga datang, dimana ada ruang orang – orang Indonesia kumpul, promosi kuliner, kebudayaan, ekonomi kreatif, ada musisi tanah air, dan masih banyak lagi, “ ujar Marcella.

Menurutnya, ISF adalah acara yang harus disinggahi, karena banyak orang Indonesia berkumpul disni, selain itu dirinya merasa sangat surprise dan happening ternyata banyak sekali masyarakat Indonesia di Amerika yang memiliki segudang kreatifitas dengan digelarnya acara tersebut.

Dengan tema “The Spice Islands”, acara yang dibuka langsung oleh Duta Besar RI Washington DC, Budi Bowoleksono dan Konsul Jenderal RI untuk New York, Abdul Kadir Jailani ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan rempah Indonesia dan mempromosikan kuliner otentik Indonesia melalui pendekatan sejarah dan budaya. Seluruh materi pertujukan budaya, informasi dan kampanye media, kompetisi sosial media semuanya menggambarkan kekayaan dan superioritas Indonesia sebagai “the Spice Islands”. Dekorasi dan set panggung khusus kapal layar megah yang menggambarkan sejarah pertukaran pulau Run di Maluku yang merupakan pusat rempah dunia pada abad ke-17 dengan pulau Manhattan di New York oleh Inggris dan Belanda.

Indonesian Street Festival ke-3 tahun 2017 ini merupakan puncak kegiatan perayaan HUT RI ke-72 dan menjadi acara tahunan yang selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia dari anak-anak, dewasa dan lansia dengan semua program dan fasilitas yang disediakan untuk mereka. Acara-acara lomba ulang tahun kemerdekaan dari yang klasik seperti lomba makan kerupuk hingga yang kekinian seperti kompetisi sosial media digelar menambah kemeriahan pagelaran seni dari Saung Budaya New York, Sanggar Modero Philadelphia, Dangdut in America, juga fashion show oleh perancang muda berbakat Indonesia seperti Me Look Mel dan Kekoa Iskandar.

Puncak acara menghadirkan Glenn Fredly yang mempesona dan menggoyang massa yang memadati panggung dan jalanan dengan 6 lagu pilihan termasuk Terpesona, Cinta dan Rahasia, You are My Everything, dan Rame-Rame. Glenn Fredly telah sukses mempesona masyarakat Indonesia dan warga New York.

Setiap tahun jumlah pengunjung selalu bertambah termasuk orang asing menjadikan ISF Manhattan New York sebagai sarana promosi citra positif Indonesia yang efektif. Belasan sponsor turut mendukung kesuksesan ISF 2017 termasuk Badan Ekonomi dan Kreatif, Emtek dan Perbankan Indonesia di New York. (Aryo Wicaksono)