KabariNews – Menjelang peringatan hari Kartini  tahun 2017, Legacy Pictures bekerja sama dengan Screenplay Films meluncurkan  trailer, soundtrack dan website film Kartini secara bersamaan. Film tersebut dipersembahkan khusus untuk memperingati hari Kartini yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduseri oleh Robert Rony.

Single soundtrack berjudul Memang Kenapa Bila Aku Perempuan dipercayakan Legacy Film kepada ratu soundtrack yakni Melly Goeslaws. Lagu  ini diciptakan oleh Anto Hoed. Melly memilih rekan duetnya penyanyi muda bersuara khas Gita Gutawa.

Dalam menciptakan lagu ini Melly mengaku  memiliki tantangan tersendiri dan memakan waktu terlama sepanjang sejarah ia menciptakan lagu ataupun soundtack untuk film lainnya.

“Ini termasuk soundtrack yang paling berat yang pernah dibuat karena saya pengen keluar dari zona yang sebelumnya di soundtrack-soundtrack yang lain bahkan suatu malam saya pernah mau nangis sama dia ‘ibu saya susah banget bikin soundtrack ini’. Karena saya sudah lihat filmnya dan luar biasa bagus banget filmnya. Beban sih ya, terus bu Christine bilang kamu harus salat malam. Setelah itu saya lakukan itu, berkali-kali saya ubah lirik-lirik dan lain sebagainya dan akhirnya berkat bantuan semua pihak soundtrack ini selesai,” ujar Melly di gedung Djakarta Teater, Jakarta Pusat.

Senada dengan Melly, Anto Hoed membenarkan proses pembuatan lagu tersebut merupakan hal tersulit yang digarapnya karena film tersebut merupakan gambaran perjuangan seorang wanita namun bukan perjuangan dalam hal perang.

“Ini mungkin salah satu yang tersulit yang saya garap. Pertama ini tentang sebuah perjuangan tapi bukan perang. Perjuangannya dengan intelektual dan kesadaran yang tinggi bahwa perempuan dikala itu tidak mempunyai otoritas sama sekali sehingga secara konkrit saya harus masukin ke dalam musik. Nah itu yang menjadi PR besar buat saya,” tambah Anto.

Pemilihan judul Memang Kenapa Bila Aku Perempuan, diakui Melly kalimat ini mampu mewakili sosok Kartini dijamannya dan bisa diterima oleh anak muda jaman sekarang yang sudah merasakan buah dari hasil usaha Kartini.

“Sosok Kartini ini dia sangat ingin melakukan banyak hal yang dulu tabu dan dilarang karena dia perempuan. Judul ini menurut aku satu kalimat yang juga bisa mewakili sosok Kartini tapi kalimat itu juga bisa diterima oleh jaman sekarang,” ujarnya.

Gita Gutawa sendiri mengaku senang bisa membawakan lagu seorang pejuang dan juga bisa berduet dengan pencipta lagu ternama Melly Goeslaw.

“Senang banget waktu dapat kabar, karena double-double senangnya. Pertama ini duet pertama sama teh Melly. Kedua ternyata lagunya indah banget, pesannya tuh indah tidak hanya Kartini di eranya tapi masih relevan sekali. Jadi senang sekali menjadi bagian dari sebuah lagu yang monumental, semoga ini bisa empower perempuan. Ketiga pastinya ini soundtrack film Kartini yang ditunggu-tunggu,wah banyak sekali kebahagiaannya,” aku Gita. (Kabari1006/foto&video:1006)