KabariNews – Jalan-jalan liburan ke Yogyakarta pastinya kurang seru bila kita tidak menikmati makanan kaki lima khas Yogyakarta.

Yup apalagi kalau bukan Nasi Kucing dan Nasi Angkringan Yogyakarta, kedua menu makanan ini biasanya menjadi target utama wisatawan yang di sini.

Makanan yang digemari berbagai kalangan di Yogyakarta karena terkenal murah dan bikin kenyang ini ternyata mudah ditemui di sini.

Nama Nasi Kucing dan Nasi Angkringan memang cukup akrab di telingan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, pastinya termasuk saya.

Saat saya baru turun dari Kereta Ekonomi Progo di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, saya langsung mencari tempat makan siang, kali ini saya memilih mencoba Nasi Angkringan, nama Nasi Angkringan sendiri diambil dari nama Angkringan atau bahasa sehari-harinya Duduk-duduk di Warung.

Tidak sulit mencari warung yang menjual Nasi Angkringan, hampir di setiap sudut jalan dengan jarang sekitar 200 meter kita dapat menjumpai Nasi Angkringan.

Para penjual biasanya menggunakan gerobak kayu sederhana untuk berkeliling atau membuka warungnya.

Nasi Angkringan memang terkenal dengan harganya yang murah, selain rasanya yang cukup enak, menu lauk pauknya juga berfariasi, mulai dari goreng bakwan, tahu, sate usus, tempe, telor kecap, sayur nangka atau krecek dan lainnya.

Dengan uang 1.000 rupiah kita sudah bisa mendapatkan sebungkus Nasi Angkringan, harga lauk-pauk dan goreng-gorengannya juga murah, rata-rata harganya 500 rupiah, jadi dengan uang hanya 3.000 rupiah kita bisa makan sampai kenyang.

Selain itu, minuman yang di jual di sini seperti teh, kopi dan lainnya dimasak dengan menggunakan arang, tidak menggunakan kompor, maksudnya agar menimbulkan aroma minuman yang khas.