Hari Sabtu, November 4, 2017 adalah suatu moment bersejarah di kalangan Indonesian-American di New York City. Untuk pertama kalinya, kelompok orang Indonesia di New York, Connecticut, dan New Jersey bekerjasama untuk menggalang suatu acara nirlaba, acara soup kitchen untuk berbagai kalangan masyarakat New York (terutama kalangan yang kurang beruntung, seperti orang homeless) di daerah Queens, NY. Untuk pertama kalinya, berbagai kelompok Indonesia dari berbagai agama, ras, dan suku di daerah NY Tristate bekerjasama dengan Konsulat Jenderal New York City dan juga yang lebih penting bekerjasama dengan New York Police Department, Queens Precinct.

Acara ini, menurut ketua dan penggagas Ibu Fefe Anggono, sudah saatnya dilaksanakan, sebagai cara untuk selalu memberi kembali, membangun tali persaudaraan dan persatuan dengan berbagai kalangan orang New York City, dari berbagai golongan. Sudah dalam beberapa tahun ini kegiatan Indonesian Food / Craft Bazaar di Queens selalu full-house, selalu menguntungkan dan mendapat banyak customer yang banyak menghabiskan uang setidaknya $100 – $200 tiap orang. Jadi sekarang, dalam semangat kebersamaan dan juga Thanksgiving 2017, kelompok kuliner dan bisnis Indonesia ingin memberikan kembali kepada masyarakat, sebagai tanda terimakasih dan apresiasi atas support mereka dalam beberapa tahun ini.

Vendor makanan Indonesia yang datang sangatlah beragam, menunjukkan kekuatan diversity dan persatuan masyarakat Indonesia. Tuson Sate, Pecel Ndeso, dan ada juga yang dari Connecticut juga datang. Ini menunjukkan bahwa komunitas Indonesia dalam acara ini sungguh bersatu; tidak ada masalah sama sekali kalau yang berpartisipasi adalah orang Kristen, Katolik, Islam, Hindu, dan juga tidak dipermasalahkan antar ras etnik Indonesia atau pun status sosial. Acara ini, menurut sesepuh Perwakrin Indonesia, Bapak Soeko Prasetyo, adalah suatu bukti untuk masyarakat dunia bahwa masyarakat Indonesia itu majemuk dan bersatu.

Sungguh suatu acara penting dalam sejarah Indonesian Diaspora / Indonesian Community Tristate. Semua berharap acara ini akan terus diadakan setahun sekali di masa mendatang. Dan juga, akan ada berbagai acara outreach dari masyarakat Indonesia untuk berbagai kalangan yang kurang mampu di sekitar New York, New Jersey, dan Connecticut. Mari kita simak video liputan bersama KabariNews (Aryo Wicaksono)