Melbourne, Florida – Meski di tengah teriknya sengatan matahari, para penari dari Voice of Indonesian in Florida (VIDA Florida) terlihat sangat lincah menarikan tarian Indonesia. Lemah gemulai gerakan tarian menghipnotis para penonton yang bersemangat menikmati sajian budaya Indonesia di ajang 12th Annual International Festival di kampus Florida Institute of Technology (FIT), Melbourne Florida pekan lalu. Yang sangat menarik dari pertunjukan tersebut adalah tarian Indonesia ini ditarikan oleh remaja-remaja bule yang cantik.

India Thomas, Sage Forholt, dan Anna Ramassar adalah remaja-remaja berkebangsaan Amerika Serikat yang mengakui bahwa sebelumnya mereka tidak mengenal sama sekali budaya Indonesia. “Jangankan budaya Indonesia, mendengar nama Indonesia sebagai salah satu negara di Asia Tenggara saja hanya saya kenal dari buku sejarah atau TV saja. Tidak lebih dari itu,” tutur Sage yang saat ini masih menginjak di bangku Sekolah Menengah Atas.

Ketertarikan ketiga remaja ini tidak lepas dari andil teman sebaya mereka yang berkebangsaan Indonesia, Alyssa Ardhya. Alyssa menjelaskan bahwa dirinya ingin melestarikan budaya Indonesia meski sekarang tinggal jauh dari tanah air. “Sebagai orang Indonesia, saya bangga dengan budaya Indonesia yang sangat kaya. Karena itu sudah selayaknya jika saya ikut aktif mengenalkan dan mempromosikan Indonesia melalui tarian tradisional Indonesia dimanpun saya berada. Teman-teman saya sangat tertarik mempelajari tarian Indonesia, maka saya pikir why not? Saya bangga budaya Indonesia dicintai oleh warga non Indonesia,” ujar Alyssa dengan nada semangat.

Anna mengatakan ia dan kedua temannya jatuh cinta dengan budaya Indonesia. Keindahan tarian-tarian Indonesia, gerakan tari yang penuh arti, serta keragaman kostum dari berbagai macam suku budaya Indonesia menjadi alasan utama mereka tertarik ikut mempelajari tarian Indonesia. Ketiganya belajar budaya Indonesia melalui organisasi yang aktif mempromosikan Indonesia, VIDA Florida. “Sebagai organisasi non profit yang aktif bergerak dalam mengenalkan Indonesia di bidang seni budaya, bahasa, juga makanan tradisional Indonesia, VIDA tidak hanya beranggotakan orang Indonesia yang tinggal di Florida. Kami juga sangat terbuka dan mendorong penduduk lokal yang tertarik mempelajari budaya Indonesia untuk bergabung bersama kami,” kata Roy Laurens selaku Ketua Umum VIDA Florida.

Melihat remaja-remaja bule ini antusias menari dan mengenalkan budaya Indonesia, membuat rasa haru dan bangga. Bagaimana tidak, meski mereka tidak pernah menginjakkan kaki di bumi Indonesia, mereka begitu jatuh hati dan ikut bangga dengan budaya yang asing untuk mereka. Saat ditanya apa rencana selanjutnya dari bule-bule cantik ini, ketiganya menjawab bersamaan. “Belajar lagu-lagu tradisional Indonesia”. Wow……..luar biasa!.