KabariNews – Di tahun ke-2 kepemimpinannya, Konsul Jenderal Umar Hadi berkomitmen untuk melanjutkan perbaikan sistem dan kualitas pelayanan masyarakat di KJRI LA. Dalam wawancara eksklusif bersama Kabari di Los Angeles baru-baru ini, ia mengungkapkan pihaknya menjanjikan 3 kepastian dalam program layanan. Adapun kepastian yang dimaksud adalah sebagai berikut:

KEPASTIAN INFORMASI

KJRI LA memastikan pihaknya dapat dihubungi melalui pesawat telepon pada jam kerja. Selain juga menyebar berbagai info layanan di Facebook (KJRI Los Angeles) dan fitur sms blast, KJRI LA juga baru saja melaunching website resmi IndonesianConsulateLA.org yang mobile friendly. Tim imigrasi juga tak segan melakukan safari layanan ke berbagai negara bagian yang berada di bawah jurisdiksi KJRI LA, seperti Arizona, Colorado, dan Hawaii.

KEPASTIAN WAKTU

Selain mencantumkan jam kerja secara jelas di websitenya, pihaknya juga memberikan kepastian durasi layanan. Proses pembuatan paspor normal, misalkan, dijamin akan selesai dalam waktu 4 hari kerja. Sementara itu, while-you-wait service juga diberikan untuk beberapa permintaan layanan. Misalnya, legalisasi dokumen dan lapor diri. Per 1 Oktober 2016, KJRI LA juga menerapkan kebijakan baru di mana jam pelayanan sama dengan jam kerja. Terkecuali pada jam istirahat, masyarakat yang datang pada jam kerja pasti akan mendapat pelayanan.

KEPASTIAN BIAYA

Biaya layanan dicantumkan secara jelas di setiap jendela loket dan juga website KJRI LA. Sang Kepala Perwakilan RI juga menjamin tidak ada biaya siluman untuk layanan apapun juga. Sekiranya ada pungutan liar, beliau meminta partisipasi masyarakat untuk melaporkannya kepada pimpinan KJRI LA untuk ditindaklanjuti. Mulai 1 Oktober 2016 pula, pihaknya akan mulai menerapkan pembayaran non-cash. Bentuk pembayaran yang disarankan adalah dalam bentuk cashier’s check dan money order.

KEPASTIAN FISIK

Selain menyediakan tempat parkir yang bebas biaya, faktor keamanan gedung juga menjadi perhatian. Berdasarkan hasil inspeksi dinas pemadam kebakaran kota Los Angeles baru-baru ini, gedung KJRI Los Angeles telah dinyatakan
aman. Sang Konjen juga memastikan seluruh staff KJRI LA akan melayani dengan ramah dan penuh empati.

Menurut mantan DCM RI di Belanda ini, peningkatan mutu pelayanan masyarakat merupakan sebuah proses yang ‘organik’. Perubahan tersebut, tambahnya, juga merupakan perwujudan dari agenda revolusi mental yang diusung oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam menjalankan fungsinya, KJRI LA juga terus mengupayakan perlindungan warga Indonesia di wilayah jurisdiksi secara maksimal. Jikalau ada warga Indonesia yang menjalani proses hukum di Amerika Serikat, KJRI LA akan memastikan bahwa hak-hak kekonsulerannya terpenuhi. Pada pemaparannya, Konjen Umar juga mengungkapkan bahwa kewarganegaraan seorang warga Indonesia yang akan dilindungi tersebut tidak menjadi soal. (1014)