KabariNews – Wedang jahe biasa dikonsumsi untuk menghangatkan badan dan digunakan sebagai minuman herbal untuk mengusir masuk angin. Ternyata tidak hanya itu saja, wedang jahe pun terbukti efektif dapat menurunkan berat badan.

Jahe mampu meningkatkan metabolisme sebesar 20 persen. Meningkatnya sistem metabolisme tubuh berarti dapat mempercepat proses pencernaan makanan sehingga tidak menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

Jahe dapat berfungsi memperlebar pembuluh darah dan membakar lebih cepat kalori menjadi panas tubuh dengan cara yang mirip dengan bawang putih, cabai, lada, dan kayu manis. Tanaman herbal ini pun hanya memiliki sedikit kalori yaitu sekitar 1 kalori per satu gram.

Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai macam, bisa diracik menjadi teh jahe atau wedang jahe, kopi jahe, atau sebagai penyedap bumbu masakan

Ada beberapa macam cara untuk membuat wedang jahe, pertama dengan memasukan parutan jahe ke dalam cangkir yang kemudian diseduh dengan air mendidih dan ditambahkan gula merah. Cara lain bisa dengan memasukan irisan atau potongan jahe ke dalam panci berisi air, lalu ditambahkan gula merah dan didihkan, saring sebelum diminum.

Ada banyak manfaat dari jenis tanaman rimpang ini, selain menghangatkan badan dan menurunkan berat badan jahe juga bermanfaat untuk kesehatan, antara lain mampu meringankan mual, mulas dan diare, mengobati radang sendi, melancarkan pencernaan, mencegah pembekuan darah dan menurunkan kolesterol jahat.