Kursi atau sofa merupakan salah satu perabotan kebutuhan rumah tangga. Hampir semua rumah memiliki sofa dan tempat duduk, ada yang terbuat dari kayu, kain, kulit dan berbagai macam, sesuai selera sang pemilik rumah. Tak hanya sebagai benda yang diduduki, sofa juga bisa dijadikan aksesoris, baik di ruang tamu, maupun bagian lain dari rumah. Keberadaan sofa seharusnya mendapat perhatian khusus agar tidak cepat rusak dan tetap menarik.

Sofa memberikan nilai tambah untuk keindahan sekaligus memberi kenyamanan ruang bagi anggota keluarga ataupun tamu yang berkunjung. Tidak ingin setiap tahun merenovasi atau ganti sofa baru? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tanpa harus membayar mahal, Anda bisa menjadikan sofa sebagai tempat nyaman, bersih dan tetap menarik.

Berikut ini ada beberapa cara merawat sofa yang perlu diperhatikan :

Mempertahankan warna sofa

Warna sofa yang memudar tidak sedap dipandang mata, untuk itu perlu disiasati agar warna tidak cepat berubah. Siasat jitunya adalah perhatikan letak sofa, sebaiknya hindarkan sofa dari paparan langsung sinar matahari. Letakkan di tempat yang terang namun aman dari panas matahari.

Bersihkan sofa

Membersihkan sofa secara berkala merupakan salah satu cara membuat tampilannya tetap bersih. Jika ada noda di sofa, sebaiknya saat itu juga langsung dibersihkan, jangan ditunda. Pastikan sofa bersih dari debu, noda dan basah. Cara membersihkan sofa ada beberapa cara tergantung jenis bahannya. Misalnya saja untuk sofa berbahan kulit, sebaiknya dibersihkan dengan lap yang dicelupkan dalam larutan air dan sabun, setelah itu gunakan pelembab khusus untuk bahan kulit agar terlihat bersih dan tetap awet.

Perhatikan saat memindahkan sofa

Bosan dengan posisi sofa, Anda berniat untuk memindahkannya. Hmm.. jangan tergesa-gesa sampai harus menggesernya dengan menarik sofa. Cara tersebut bisa membuat cacat sofa, bahkan merusak lapisan sofa. Cara terbaik memindahkannya adalah dengan diangkat seluruh bagiannya secara bersamaan, kemudian meletakkan ke posisi yang baru. Jagalah sofa Anda agar tetap nyaman diduduki ataupun dipandang.

Jangan taruh Koran di atas sofa

Membaca koran sambil duduk di sofa memang sangat nyaman, tapi ada yang perlu tahu, jangan sesekali menaruh koran diatas sofa. Pasalnya, tinta pada surat kabar itu bisa saja tertinggal atau menempel pada sofa, yang nantinya menyebabkan sofa kotor. Taruh koran ditempat yang tepat, selain lebih rapi, ruangan pun terlihat lebih teratur.

Jaga sofa dari basah dan lembab

Pentingnya menjaga sofa agar tetap kering. Keadaan sofa yang lembab atau basah lebih mempercepat kotoran menempel, selain itu juga bisa menimbulkan jamur dan merusak tekstur warna, dan motif sofa. Jaga agar sofa tetap kering dan nyaman digunakan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55198

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :