Menjadi awet muda adalah impian banyak orang. Apalagi bagi mereka yang diwajibkan tampil mempesona di depan panggung. Tak ayal, sejumlah pesohor di Indonesia punya cara agar tetap tampil “muda” tanpa digerogoti usia. Beberapa pesohor di Tanah Air terbukti bisa menjaga penampilan mereka tetap menarik. Padahal jika melihat dari sisi usia,umur mereka sudah lebih dari setengah abad.

Titiek Puspa merupakan sosok yang layak ditampilkan dalam hal ini. Nenek berusia lebih dari 73 tahun ini tetap energik. Dalam berbagai kesempatan, dia tampil dalam sejumlah acara dengan penuh ceria. Wanita yang mempunyai nama asli Sudarwati ini lahir di Tanjung,Tabalong,Kalimantan Selatan, 1 November 1937. Eksistensi Titiek salah satunya terlihat kala memperingati ulang tahunnya yang ke-70 dengan menggelar konser berjudul; Karya Abadi Sang Legenda: 70 Tahun Titiek Puspa. Konser ini perwujudan rasa terima kasih Titiek kepada semua pihak yang terlibat dan pernah bekerja sama dengannya dalam mengisi dunia seni hiburan negeri ini, juga untuk para penggemar.

Dalam konser tersebut, juara keandalan Bintang Radio Jenis Hiburan tingkat Jawa Tengah tahun 1954 mengajak sejumlah musisi yang jauh lebih muda. Seperti Ari Lasso, Andi (Rif),3 Diva (Kris Dayanti,Titi DJ, Ruth Sahanaya), Melly Goeslaw, Vina Panduwinata, Pinkan Mambo, Yovie Widianto,Hedi Yunus,Kevin Aprilio, Rio Febrian, Delon Thamrin, Dewi Sandra, Inul Daratista, Gita Gutawa, dan lainnya, dengan iringan musik Dian HP Orchestra.

Mengutip Antara, Titiek mengaku, resep awet mudanya adalah selalu menjaga kesehatan dengan baik. Seperti menjaga pola makan dan selalu berolahraga. Namun, sang legenda ini tidak bersedia merinci resep awet mudanya. “Ah,malu saya,”kata Titiek.

Nama lain yang tidak kalah “tua” adalah Rima Melati. Di usianya yang sudah lebih dari 70 tahun, artis yang mempunyai nama asli Marjolien Tambajong atau Lientje Tambajong ini terlihat sehat. Padahal, Rima sempat terkena kanker payudara beberapa tahun lalu.Tetapi, dia mampu melawan penyakit mematikan itu. Tak heran jika saat ini Rima mendapatkan peran untuk mempromosikan alat-alat kesehatan.

Di masa lalu Rima dikenal sebagai artis yang gemar merokok. Rima mulai merokok pada umur 16 tahun karena pengaruh lingkungan dan tontonan. Dia kemudian berhenti merokok pada 1989 setelah kerak tar dan nikotin dalam tubuhnya menimbulkan kanker pada usus dan payudara. Kini dia aktif di Yayasan Indonesia Tanpa Tembakau (YITT). Dia mendapat penghargaan dari organisasi kesehatan dunia WHO berupa “Award No Tobaco Day” karena usahanya dalam kampanye antirokok.Menurut Kepala Perwakilan WHO di Indonesia,George Petterson, Rima terpilih sebagai satusatunya orang Indonesia dari 10 warga dunia yang pada 2006 mendapat piala penghargaan dari WHO.

Selain dua pesohor senior di atas, tokoh yang juga terlihat awet muda adalah Widyawati (60 tahun), Vina Panduwinata (51), dan Meriam Bellina (46).

Di usia yang menginjak lebih dari setengah abad, mereka bisa tetap menekuni dunia keartisan tanpa terganggu dengan para pesaing yang jauh lebih muda. Ketiga nama di atas memang sudah layak disebut legenda di bidangnya. Widyawati sudah merintis karier di dunia film sejak usia belasan tahun. Kini, di usia lebih dari 60 tahun,dia masih aktif di dunia seni peran dan periklanan. Wajahnya yang segar dipadukan dengan keahlian akting menjadikannya selalu layak ditawari peran.

Begitu juga dengan Vina yang menjadi salah satu ikon penyanyi solo wanita Tanah Air. Konser tunggal Vina selalu ditunggu banyak penggemarnya. Terbukti,konser yang di gelar saat usianya tidak lagi muda, selalu sukses terlaksana. Pada Agustus 2009 silam, Vina menggelar konser emas. Sebelumnya, pada 2006 dan 2008,Vina juga sukses menggelar konser. Suara emas “Si Burung Camar”(begitu dia dijuluki) terus ditunggu penggemarnya.

Sementara itu, nama Meriam Belina saat ini seakan tidak pernah lepas dari layar kaca. Di usia 46 tahun dia tetap energik dan awet muda. Dalam sebuah kesempatan, aktris senior ini mengatakan bahwa rahasia awet mudanya menghindari makan jeroan.“Saya nggak pernah makan jeroan, semua seimbang saja.

Saya suka makan, sering makan tapi sedikit, jadi nggak makan sekaligus,”ujarnya. Selain menghindari jeroan, aktris yang sekarang sering memerankan tokoh antagonis ini juga rajin makan nasi diabetes. Hal ini untuk menghindari penyakit diabetes yang sering diidap banyak orang. Nasi diabetes bisa menjaga kadar gula. Resep lain tentu saja dengan olahraga teratur.

Lain lagi dengan Laela Sari. Awet muda dan sehat tidak harus selalu cantik.Yang terpenting adalah selalu tampil sehat. Hal ini tercermin dari artis Laela Sari yang sudah berusia lebih dari 70 tahun.Penampilan Laela di atas panggung terkadang membuat decak kagum banyak orang.

Bagaimana tidak, Laela kerap tampil energik saat membawakan lagu-lagu bergenre rock. Selain itu, hingga kini dia masih aktif membintangi sejumlah peran. Seperti pada 2010 lalu, dia menjadi salah satu bintang dalam salah satu film. Untuk menjaga suaranya,Laila juga mengaku cukup teriak-teriak saat mandi. Nenek ini juga bukanlah orang yang “memanjakan”penyakit. Terbukti, dia kadang tampil walaupun flu menyerangnya. Dengan begitu dia yakin penyakit itu akan pergi dari dirinya. Tentunya bukan hanya sejumlah nama selebritas perempuan yang awet muda.

Nama lain dari kalangan kaum Adam juga tak kalah hebatnya. Sebut saja nama Frans Tumbuan (70) yang tidak lain adalah suami Rima Melati. Hingga kini Frans tetap aktif sebagai pengusaha dan aktor di sejumlah film dan sinetron.

Nama lain yang tak kalah energiknya meski usianya hampir mencapai setengah abad adalah Iwan Fals (49). Penyanyi balada bernama asli Virgiawan Listanto ini tetap mampu tampil memukau di atas panggung meski tak segarang saat muda. Sang Legenda yang pernah menjadi tokoh sampul majalah TIME Asia dan dijuluki “Asian Heroes” itu selalu tampil energik setiap membawakan lagu. Salah satu resep awet muda pelantun Oemar Bakri ini adalah gemar berolahraga. Iwan dikenal sebagai sosok yang sempat aktif di kegiatan olahraga bela diri.

Dia pernah meraih gelar Juara II Karate Tingkat Nasional, Juara IV Karate Tingkat Nasional 1989, sempat masuk pelatnas, dan melatih karate di kampusnya, STP (Sekolah Tinggi Publisistik). Meski populer, Iwan Fals selalu menjunjung kesederhanaan. Hal inilah yang menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Yayasan Orang Indonesia (Oi).

Pada 2002 Iwan mulai aktif lagi membuat album setelah sekian lama menyendiri dengan munculnya album Suara Hati yang di dalamnya terdapat lagu Hadapi Saja yang bercerita tentang kematian anak pertamanya, Galang Rambu Anarki. Pada lagu ini istri Iwan Fals (Yos) juga ikut menyumbangkan suaranya

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?36647

Untuk

melihat artikel Profil lainnya, Klik
di sini

Mohon
beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported

by :