Kebugaran adalah cara hidup dan bukan hanya serangkaian latihan yang membantu penurunan berat badan . Untuk menikmati waktu aktivitas fisik sepenuhnya, penting untuk memilih aktivitas yang benar-benar dapat dinikmati.

 Pilihan latihan tertentu juga tergantung pada tujuan. Orang yang tertarik untuk membentuk otot atau ingin berpenampilan tertentu biasanya bergantung pada pelatih gym untuk membimbing mereka mencapai target. Lalu ada orang yang ingin mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencapai kelenturan, dan mencegah penyakit kronis. Yoga bisa menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang ingin fokus pada setiap aspek kesejahteraannya.

Himalayan Siddhaa Akshar, Guru Yoga dan Pendiri Akshar Yoga Kendraa membandingkan Yoga dan olahraga serta berbicara tentang manfaat keduanya.

Yoga memiliki manfaat secara keseluruhan, olahraga dapat membantu kebugaran fungsional

Yoga menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesejahteraan fisik, mental, emosional, dan spiritual. Saat berlatih yoga, Anda akan menemukan bahwa ada lebih banyak hal yang harus dipelajari daripada sekadar posisi fisik. Asana memiliki banyak manfaat. Olahraga meningkatkan pembentukan otot dan kebugaran fungsional. Yoga mengajarkan cara meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan fokus pada pernapasan Anda. Latihan sebagian besar terfokus pada elemen penampilan luar Anda, tetapi asana adalah beragam bentuk dan variasi postur yang dilakukan untuk seluruh tubuh—internal dan eksternal.

Yoga dapat dilakukan dengan sedikit kerumitan, olahraga memerlukan peralatan khusus

Yoga juga dapat dilakukan tanpa peralatan apa pun dan dengan sedikit kerumitan di atas matras yoga. Matras portabel, sehingga Anda dapat berolahraga kapan. Namun, latihan tertentu mungkin perlu dilakukan di fasilitas yang sangat khusus dengan berbagai peralatan untuk meningkatkan kekuatan fisik, fleksibilitas, dll.

Yoga membantu mengendalikan pikiran dan emosi

Yoga adalah latihan spiritual yang sangat terspesialisasi yang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh fisik tetapi juga pikiran dan emosi. Meskipun yoga mengajarkan pose fisik untuk tubuh, yoga juga mengajarkan teknik pernapasan yang dapat digunakan untuk mengendalikan pikiran Anda. Yoga memungkinkan mencapai kendali atas indera dan emosi Anda dengan cara ini.

Yoga dapat meredakan kecemasan dan depresi

Yoga menawarkan warisan yang luas, termasuk 84 lakh postur, 300 teknik pranayama, dan berbagai latihan meditasi. Bentuk seni kuno ini sudah ada sejak lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Olahraga mungkin tidak cukup mengatasi gangguan mental seperti kecemasan dan depresi. Untuk kesehatan mental, yoga dianjurkan. Pikiran yang terganggu dapat menyebabkan kurangnya keselarasan pernapasan, yang berpotensi mengakibatkan praktik olahraga yang tidak aman dan peningkatan risiko cedera.

“Yoga meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan—fisik, mental, emosional, dan spiritual. Berlatih yoga menawarkan lebih dari sekadar postur fisik. Asana menawarkan banyak manfaat, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan kontrol pernapasan. Sebaliknya, olahraga berkonsentrasi pada kebugaran fungsional dan pelatihan otot , terutama berfokus pada penampilan luar,” kata Akshar.

“Latihan dan yoga sama-sama menawarkan pilihan kebugaran yang efektif. Masing-masing memiliki kelebihan dan pilihan yang beragam. Pilihan Anda harus selaras dengan tujuan Anda. Latihan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk pelatihan otot dan binaraga, sedangkan yoga mencakup postur, latihan pernapasan, dan mudra , membutuhkan peralatan minimal. Keputusan Anda bergantung pada tujuan Anda,” tambahnya.

Sumber foto: forbes.com

Baca juga: