Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan Kota Yogyakarta menjadi Kota Batik Dunia. Selain Yogyakarta, ada enam kota dari negara lainnya di Asia Pasifik yang juga akan bersaing untuk mendapatkan predikat kota batik dunia.

Seperti dilansir Indonesia.travel, Direktur Eksekutif Dekranasda, Robi Guritno mengungkapkan, pengusulan ini telah melalui beberapa pertimbangan, salah satunya karena batik diakui sebagai warisan dunia oleh organisasi internasional UNESCO. Alasan lain, pusat kerajianan batik juga terpusat di Yogyakarta.

“Yogyakarta lengkap sebagai kota batik, baik dari sisi sejarah, seni, hingga perjanjian batik yang memiliki nilai ekonomi,” kata Roni.

Pihaknya berharap dalam tinjauan dewan kerajinan dunia ke salah satu sentra batik di Yogyakarta dapat membawa kota yang dijuluki sebagai kota pelajar itu jadi pemenang. Sebab, kata dia, dewan kerajinan dunia akan mempublikasikan kota batik ke berbagai belahan dunia, sehingga masyarakat dunia akan semakin mengenal Yogyakarta dengan batik khasnya.

“Dewan ini memang fokus ke kerajinan khas, makanya batik yang kami maksud adalah batik tulis, dan di sentra batik Giriloyo produknya sudah sangat dikenal masyarakat luas,” katanya.

Dijelaskan Roni, peninjauan dewan kerajinan dunia adalah sebagian dari proses penilaian ajang kompetisi yang diselenggarakan dewan kerajinan dunia yang berpusat di Beijing, Tiongkok.

Sebagai wakil Indonesia, Yogyakarta berhasil masuk dalam nominasi enam besar dunia, yang pada kesempatan itu tim dapat melihat langsung proses pembuatan batik dan berbagai tahapannya sebagai referensi penilaian.

Batik Nusantara begitu kaya akan motif dan corak dengan filosofi yang mendalam. Hampir setiap daerah di Tanah Air terutama di Pulau Jawa, memiliki batik. Yogyakarta merupakan salah satu pusat kota batik tulis yang memiliki berbagai motif, seperti motif sekar jagad, motif grompol dan motif ceplok. Bahkan di kota ini, juga tersedia Museum Batik yang menyimpan koleksi batik terbesar di Indonesia dengan ukuran 90×400 cm2.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?69554

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero