Minuman bersoda kerap menjadi pilihan di berbagai situasi kegiatan, misalnya seperti saat menonton televisi/bioskop bersama teman, ngobrol di kafé, menonton pertandingan, atau saat piknik bersama keluarga. Bahkan cuaca panas pun jadi alasan kenapa minuman bersoda dingin jadi pilihan, baik tua muda menggemari minuman penyegar dahaga ini.

Tidak dapat dipungkiri memang rasanya sangat menyegarkan, tapi sebenarnya konsumsi minuman bersoda yang terlalu banyak justru bisa merugikan kesehatan Anda. Banyak minuman bersoda dijual bebas dan sangat mudah didapatkan di toko maupun swalayan. Dan dari beberapa minuman tersebut juga mencantumkan label 0 kalori dan membuat Anda berpikir bahwa minuman ini aman untuk dikonsumsi. Sebenarnya apapun jenis minuman bersoda yang Anda minum tetap saja dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.

Berikut ini beberapa efek buruk yang akan terjadi pada tubuh akibat mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

Berat badan naik

Minuman bersoda dapat memicu pertumbuhan berat badan Anda sehingga bisa menggagalkan program diet yang sedang dijalani. Meskipun di label kemasan diklaim sebagai minuman rendah atau tanpa kalori tetap saja rasa manis gula buatan dari diet soda akan membuat Anda merasa lapar lebih cepat dari waktu normal.

Tidak berbeda dengan Anda yang merasa kurus atau kurang berisi badannya. Mungkin Anda pernah berpikir bahwa dengan mengkonsumsi minuman bersoda tubuh Anda bisa terbantu agar cepat gemuk. Cara ini memang bisa dilakukan tapi Anda harus tahu penambahan berat badan yang dipicu oleh minuman bersoda bukan sesuatu yang positif. Pasalnya bobot tubuh yang Anda dapatkan dari konsumsi minuman bersoda bukanlah bobot tubuh sehat dan kencang, badan akan mudah lelah dan kemungkinan terkena penyakit pun jauh lebih mudah karena kadar gula naik.

Kadar gula naik

Kadar gula tinggi yang terkandung dalam minuman bersoda tentu menjadi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh Anda karena bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.  Kondisi ini bisa menyebabkan Anda menderita penyakit diabetes tipe 2, yakni penyakit diabetes yang disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Minuman bersoda dengan label sugar free juga sebaiknya dihindari. Pasalnya minuman jenis ini bahkan lebih berbahaya lagi dibandingkan minuman soda biasa karena pemanis yang digunakan adalah pemanis buatan yang memiliki bahaya besar bagi tubuh.

Berbahaya untuk organ ginjal

Fungsi ginjal di dalam tubuh Anda adalah untuk mengolah minuman yang anda konsumsi menjadi urin.
Kerja ginjal akan lebih berat jika Anda secara rutin mengonsumsi minuman bersoda karena zat-zat berbahaya yang dikandungnya sehingga penyaringan akan lebih sulit dilakukan oleh ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi minuman bersoda akan lebih mudah terkena gagal ginjal. Rasa yang unik pada minuman bersoda serta efek menyegarkan yang diberikannya menjadi alasan Anda untuk meminumnya. Namun, untuk sekarang ini sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi minuman tersebut karena dampak negatif yang bisa ditimbulkannya bagi tubuh Anda. Anjuran untuk mengkonsumsi air putih atau jus buah alami jauh lebih disarankan untuk mendapatkan tubuh sehat dan segar.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?48151

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :