Vietnam adalah negara yang tampaknya memiliki segala macam destinasi, mulai dari desa terapung dan pasar yang ramai; museum yang mengesankan dan Situs Warisan Dunia UNESCO; pantai yang menakjubkan dan pegunungan yang menjulang tinggi. Dari bersantai di pantai berpasir putih hingga menjelajahi monumen dan pagoda bersejarah serta mengagumi pulau-pulau batu kapur yang menjulang tinggi, negara ini akan memuaskan  jiwa petualang dalam diri Anda.

Vietnam berhasil menawarkan tempat-tempat wisata yang dapat diakses, jadi Anda akan selalu menemukan sesuatu untuk dilakukan di sini.

1. Kembali ke Sejarah di Istana Reunifikasi

Disebut sebagai Istana Kemerdekaan, landmark bersejarah di pusat Kota Ho Chi Minh ini menarik banyak pengunjung yang tertarik untuk belajar tentang sejarahnya yang menarik. Strukturnya, dibangun pada tahun 1962, merupakan contoh keunggulan arsitektur dan merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Vietnam.

Istana Reunifikasi dibangun di lokasi yang sama dengan bekas Istana Norodom, yang dihancurkan oleh pengunjuk rasa pada 1950-an. Cobalewati aula tempat Presiden Vietnam Selatan tinggal dan bekerja selama Perang Vietnam serta lihatlah banyak artefak bersejarah. Anda akan merasa seperti kembali ke masa lalu dengan dekorasi dan gaya arsitektur yang terpelihara dengan baik.

Berjalan melalui terowongan ruang bawah tanah, pelajari foto-foto lama dan lukisan cat minyak, dan lihat halaman rumput oval yang luas yang dipenuhi taman dan kolam yang tenang.

2. Berjalan-jalan di Jembatan Emas

Tujuan yang benar-benar fotogenik di pinggiran kota pesisir Da Nang , Sun World Ba Na Hills adalah atraksi yang menyenangkan untuk segala usia. Taman hiburan ini, dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, diisi dengan aktivitas seperti naik kereta gantung, zona permainan, rekreasi pedesaan Prancis yang mendetail, dan beberapa restoran.

Mungkin daya tarik utamanya adalah Jembatan Emas, jembatan penyeberangan yang dirancang secara kreatif dengan dua tangan mitos raksasa. Jembatan penyeberangan sepanjang 490 kaki telah menjadi salah satu tempat paling terkenal untuk dikunjungi di Vietnam karena keseniannya yang indah dan penampilannya yang unik.

3. Jelajahi Gua Sung Sot

Terletak di Teluk Halong yang menakjubkan, Gua Sung Sot adalah gua terbesar yang akan Anda temukan. Perjalanan menuju gua akan membuat Anda terengah-engah saat meluncur melewati pulau-pulau batu kapur yang menjulang tinggi yang menyembul dari laut.

Jalan setapak membawa Anda melewati dua bagian keajaiban alam ini, dihiasi dengan stalagmit dan stalaktit yang memesona. Di ruang kedua, langit-langit gua menjulang tinggi dan formasi batuan telah diidentifikasi sebagai berbagai binatang oleh orang Vietnam. Setiap binatang dikatakan memiliki legenda yang melekat padanya, seperti kuda, dikatakan telah mengalahkan roh jahat.

4. Nikmati Pemandangan Dari Menara Tram Huong

Struktur berbentuk teratai di tepi pantai di Nha Trang ini merupakan ikon kota tepi laut ini karena desainnya yang unik. Menara jingga yang menyerupai bunga ini menonjol di tepi pantai utama di sepanjang Tran Phu Boulevard.

Platform observasi di atas memberikan pemandangan panorama pantai dan kota di bawah. Berjalan-jalan santai atau bersepeda di kawasan pejalan kaki di Nha Trang akan membawa Anda ke landmark terkenal ini, yang juga dikenal sebagai “menara dupa”.

5. Merangkak Melalui Terowongan Cu Ch

Di bagian barat laut Kota Ho Chi Minh, Anda akan menemukan jaringan terowongan bawah tanah yang digunakan dalam Perang Vietnam. Tentara menggunakan terowongan ini sebagai tempat tinggal, menyimpan perbekalan di sana, dan sebagai pangkalan untuk memasang jebakan dan menyiapkan serangan mendadak.Membuat terowongan, yang membentang sepanjang 75 mil, bukanlah hal yang mudah—mereka digali dengan tangan antara akhir 1940-an dan awal 1960-an.

6. Kagumi Pagoda Thien Mu

Bertengger di Bukit Ha Khe di sepanjang Sungai Huong yang indah terdapat Pagoda Thien Mu, sebuah kuil Buddha segi delapan yang menyerupai kue berlapis. Dikenal sebagai “Pagoda Wanita Surgawi”, bangunan berseni ini memanjakan mata karena merupakan ikon negara Vietnam.

Menara Phuoc Duyen setinggi 68 kaki adalah struktur bintang pagoda. Masing-masing dari tujuh ceritanya melambangkan berbagai reinkarnasi Buddha. Lonceng raksasa, taman yang damai, dan dua pagoda yang lebih kecil adalah beberapa atraksi terkenal lainnya yang membentuk kompleks ini. Kunjungan ke pagoda melalui perahu naga tradisional menjadikan ini pengalaman yang tak terlupakan.

7. Telusuri Kawasan Tua Hanoi

Kawasan Tua Hanoi , terletak di utara Danau Hoan Kiem, memesona dan nikmat dengan memadukan gaya lama dan modern dalam koktail budaya Vietnam. Old Quarter adalah tempat yang ramai untuk melihat-lihat, makan, dan berbelanja. Anda akan menemukan pencipta lokal seperti penenun keranjang, pembuat sepatu, penjahit dengan pakaian sutra, dan pembuat tas yang menjual barang dagangan mereka.

Di sela-sela menjelajahi toko, cicipi masakan autentik di salah satu restoran terdekat. Setiap akhir pekan, pasar malam yang ramai menawarkan kesempatan lain untuk menemukan suvenir khas Vietnam dan menikmati budaya kota melalui makanan di berbagai kios yang menyajikan makanan lezat. Pastikan untuk mencoba Bun Cha (bihun kebab) dan kopi telur saat berada di kota.

8. Arsitektur di Menara Po Nagar Cham

Rangkaian kuil yang menghadap ke timur di Kerajaan Champa yang bersejarah terletak tepat di luar kota tepi laut Nha Trang. Kuil tiga lantai yang menarik terletak di atas bukit, memberikan latar yang indah untuk belajar tentang sejarah dan menghargai detail arsitektur situs suci ini.

Empat menara yang tersisa menghormati dewi klan Dua, yang memerintah bagian selatan Kerajaan Cham dan mengajarkan keterampilan seperti menenun dan bertani kepada orang-orang di bawah pemerintahannya. Setiap bulan April, sebuah festival dengan tarian sakral, ritual, dan doa terjadi untuk memberi penghormatan kepada dewi Po Nagar, yang namanya diterjemahkan menjadi “Ibu Negara”.

9. Cicipi Makanan Lokal di Ben Thanh Central Market

Bukan rahasia lagi bahwa makanan Vietnam luar biasa. Jika Anda seorang pecinta kuliner, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Vietnam adalah pergi ke pasar lokal. Ben Thanh Central Market adalah surga makanan kaki lima yang ramai di mana Anda akan kenyang.

Cobalah banh da xuc hen , yaitu kerang serai dengan taburan kerupuk nasi dan taburan wijen dan kelapa. Item lain yang populer untuk dicoba adalah bun thit nuong , mangkuk berisi mie bihun, selada, daging babi, dan atasnya dengan lumpia babi yang renyah.

10. Mendaki Marble Mountains

Pegunungan Marmer, antara kota Da Nang dan Hoi An, adalah kumpulan dari lima bukit batu kapur dan marmer yang dinamai berdasarkan lima elemen: tanah, air, api, logam, dan kayu.

Legenda mengatakan bahwa naga mistik bertelur di pantai terdekat, dan setelah seribu hari, seorang gadis cantik menetas. Apa yang tersisa dari cangkang telur di atas pasir tumbuh menjadi Pegunungan Marmer yang mistis.

Mendaki gunung akan memberi Anda pemandangan spektakuler ke area sekitar dan Pantai My Khe, salah satu pantai terbaik di Vietnam . Pagoda kuno abad ke-17 menghiasi Gunung Air, yang juga menampung beberapa gua. Ini adalah area yang menarik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki jika Anda menikmati hiking.

Sumber foto: mirplaneta.com

Nah, bagi yang ingin ke objek wisata yang menarik diatas, KABARI memiliki program perjalanan wisata ke Vietnam yang layak Anda coba.