Tidak ada perjalanan ke Vietnam yang lengkap tanpa mencicipi masakannya yang terkenal di dunia. Tapi apa makanan terbaik di Vietnam? Dan di mana Anda  dapat menemukannya? KABARI akan menunjukkan kepada Anda hidangan mana yang tidak boleh dilewatkan saat di negara ini.

1.Pho

Pho adalah hidangan yang paling terkenal. Sup lezat ini terdiri dari bihun, daging, dan sayuran, sering disajikan dengan ikan fermentasi atau saus sambal. Sementara asal-usulnya tetap menjadi misteri, pasar pusat Hoi An saat ini menawarkan pengalaman pho yang fenomenal.

2.Mi Quang

Mudah dikenali dari mienya yang berwarna kuning, hidangan makan siang yang populer ini dibumbui dengan saus ikan bawang merah, rempah-rempah dan lada hitam, serta berbagai jenis daging. Berasal dari Da Nang, hidangan ini adalah salah satu makanan terbaik Vietnam, dan kota Mi Quang Ba Vi telah lama memiliki reputasi sebagai tempat tujuan untuk pengalaman mi quang otentik. Banh Mi mirip dengan baguette Prancis, dengan bahan Vietnam.

3.Banh Mi

Cemilan enak dan nyaman saat Anda bepergian, banh mi adalah roti baguette Prancis panggang khas Vietnam dan muncul saat Vietnam masih menjadi koloni Prancis. Ini adalah salah satu makanan Vietnam yang harus Anda coba, dan ada berbagai macam daging dan isian lainnya yang dapat Anda tambahkan ke acar sayuran, pate, kecap, dan cabai yang disajikan secara tradisional.

4.Goi Cuon

Salah satu makanan sehat terbaik di Vietnam adalah goi cuon. Dibungkus dengan kertas nasi, roti gulung musim panas Vietnam ini dikemas dengan mie, irisan daging babi, udang, kemangi dan selada, dan sering disajikan sebagai camilan atau makanan pembuka. Berasal dari selatan, hidangan ini dikenal dengan nama daerah yang berbeda – sering disebut ‘kertas nasi’. Camilan populer bagi penduduk setempat, Anda akan menemukan goi cuon di warung pinggir jalan di seluruh Vietnam.

5.Banh Xeo

banh xeo ini mirip dengan panekuk atau krep, banh xeo dibuat dengan santan, tepung beras, dan kunyit. Pilihan populer termasuk bihun, ayam, babi atau bahkan udang. Anda akan menemukan hidangan ini di sebagian besar warung dan restoran pinggir jalan, tetapi tempat yang lebih baik untuk mencobanya adalah di daerah asalnya – Vietnam tengah. Restoran Ba ​​Duong di Da Nang sangat berdedikasi pada hidangan ini sehingga menjadi satu-satunya menu yang ada!

6.Xoi Xeo

Disajikan dengan bawang merah, kecap, dan pasta kacang hijau, xoi xeo adalah hidangan nasi yang manis dan gurih. Dimakan setiap saat sepanjang hari, xoi xeo memiliki banyak variasi di seluruh Vietnam, dan dapat menjadi pilihan kudapan yang bagus untuk vegan dan vegetarian!

7.Com Tam

Com tam adalah produk yang menggugah selera dari sawah Vietnam yang terkenal. Hidangan sarapan dan makan siang yang banyak digemari ini secara tradisional disajikan dengan telur goreng, potongan daun bawang, aneka daging, dan topping lainnya. Saat memulai hidup di selatan, com tam telah menyebar ke seluruh Vietnam dan merupakan makanan jalanan favorit di antara penduduk lokal Da Nang.

8.Ca Kho To

Bagi pecinta makanan laut, ca kho to adalah salah satu makanan Vietnam terbaik. Filet lele ini dikaramelisasi dalam kuah yang kaya dan disajikan dengan saus kedelai dan ikan, bawang merah, dan bumbu di dalam pot tanah liat. Pergilah ke kota pesisir seperti Da Nang dan Hoi An untuk hidangan laut Vietnam yang segar. 

9.Banh Cuon

Camilan sederhana untuk dinikmati sambil melihat-lihat, banh cuon itu berupa daging giling atau makanan laut, jamur, bawang, dan ham digulung menjadi lembaran tepung beras. Seperti hidangan top Vietnam lainnya, banh cuon dijual oleh pedagang kaki lima di seluruh negeri.

10.Bun Thit Nuong

Tidak seperti kebanyakan hidangan mie, bun thit nuong tidak disajikan dengan sup, tetapi sisi ikan yang difermentasi menambah rasa yang menarik. Disajikan dengan selada, mentimun, tauge, dan kacang tanah, dan di atasnya diberi roti bahu babi, thit nuong adalah pilihan yang mengenyangkan bagi mereka yang tidak pernah merasa cukup untuk makan. Pedagang kaki lima dan restoran di Jalan Bach Dang menawarkan bun thit nuong yang lezat.

Sumber foto: saigoneer.com

Tertarik ingin wisata ke Vietnam? Dapatkan informasinya dibawah ini.

vietnam