Dua kucing di New York  menjadi hewan peliharaan pertama di Amerika Serikat yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

Kucing-kucing yang berasal dari daerah yang terpisah di negara bagian New York ini menderita penyakit pernapasan ringan.

“Kucing itu tertular virus dari orang-orang di rumah atau lingkungan mereka,” kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Seekor harimau dan singa, juga berada di New York, awal bulan ini  diidentifikasi terinfeksi virus corona.

Dengan New York sebagai pusat penyebaran virus corona di Amerika Serikat, pihak berwenang menyarankan pemilik agar tidak perlu takut dengan hewan peliharaan mereka.

“Hewan peliharaan dapat terinfeksi tapi tidak ada bukti bahwa virus ditularkan dari hewan peliharaan ke manusia,” kata Dr Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular.

CDC merekomendasikan agar pemilik tidak membiarkan hewan peliharaannya berinteraksi dengan orang atau hewan lain di luar rumah tangga.

“Kucing harus diletakkan di dalam ruangan dan anjing harus berjalan dengan tali, menjaga setidaknya 1,8m dari hewan dan manusia lain,” katanya.

CDC mengatakan infeksi Covid-19 pada hewan sangat sedikit di seluruh dunia, kebanyakan hewan itu memiliki kontak dekat dengan seseorang dengan Covid-19.

“Tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan memainkan peran dalam menyebarkan virus di Amerika Serikat,” kata CDC.

Amerika Serikat saat ini memiliki jumlah kasus virus corona terbesar di dunia dengan lebih 830.000 kasus dengan 47.050 kematian pada Rabu (22 April).