Tingginya pertumbuhan pandemi Covid-19 sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar yang terjadi di kawasan Ibukota membuat pencarian properti primer dalam dua bulan terakhir menyasar ke wilayah-wilayah penyanggah.

Dalam dua bulan terakhir, portal properti global, Lamudi.co.id mencatat pencarian properti primer masyarakat secara daring di kawasan penyanggah menunjukkan kontribusi tinggi yakni lebih besar 7,5% dibanding kawasan Ibukota. Adapun kawasan penyanggah yang paling banyak diincar masih berkisar di kawasan Bogor, baik itu di Kabupaten Bogor, Depok, maupun Kota Bogor.

Pada pembabakan data pencarian properti primer daring tertinggi via Lamudi.co.id khususnya di kawasan Bogor, terdapat sejumlah nama proyek ditemukan. Adapun 3 daftar hunian primer terpopuler yang dicari via daring antara lain yakni Grand Mekarsari Residence, Gardens at Canti Sawangan, dan perumahan Bali Resort Bogor.

Grand Mekarsari Residence

Berlokasi di atas lahan seluas 80 hektar pada kawasan Cileungsi, Jalan Raya Jonggol – Cileungsi, perumahan primer siap huni Grand Mekarsari Residence merupakan perumahan dengan konsep mix-used dalam kawasan strategis dengan banderol harga mulai dari 422 jutaan. Perumahan yang dikembangkan oleh developer Winland Development ini mengusung arsitektur hunian dengan model minimalis modern.

Gardens at Candi Sawangan

Dikembangkan oleh developer Graha Candi Golf Group pada area seluas 250 hektar di kawasan Depok, perumahan Gardens at Candi Sawangan mengusung konsep pengembangan kota mandiri yang sustainable, modern, dan terpadu. Kawasan perumahan sendiri dikelilingi area terbuka hijau yang rimbun dan asri. Menawarkan 3 cluster yakni Cluster Amity, Cluster Grand Amity, dan Cluster Kamila, perumahan ini memiliki luas hunian mulai dari 50 m2 hingga 120 m2 dengan banderolan mulai dari 722 jutaan. Adapun status hunian sendiri merupakan hunian yang siap huni.

Bali Resort Bogor

Berada di peringkat ketiga, perumahan Bali Resort Bogor juga disebut Lamudi.co.id sebagai proyek hunian primer terpopuler di Kota Bogor. Dikembangkan oleh developer MASGROUP dalam area seluas 13 hektar di Jl. Letkol Atang Sanjaya, Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, perumahan Bali Resort Bogor menawarkan harga sangat terjangkau yakni mulai dari 340 untuk unit termurahnya.

Perumahan Bali Resort Bogor sendiri merupakan perumahan pionir di kota Bogor yang mengkolaborasikan aspek arsitektur hunian modern minimalis dengan sejumlah ornamen dalam rumah tradisional Bali serta nuansa asri selayaknya tinggal di resort tropis dan asri di Pulau Dewata.