Tiga Tokoh Pahlawan nasional

Menyambut Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap 10 November, Pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan kembali menetapkan tiga orang tokoh sebagai pahlawan nasional 2013, yaitu Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat asal Yogyakarta, Lambertus Nicodemus Palar asal Sulawesi dan Letjen TNI (Purn) TB Simatupang asal Sumatera Selatan.

Gelar kehormatan pahlawaan nasional akan disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada pukul 16.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Sebelum ditetapkan, ketiga nama yang terpilih itu telah melalui tahap pengujian yang diseleksi dari delapan tokoh yang diusulkan menjadi calon pahlawan.

Siapakah mereka?

Radjiman Wedyodiningrat adalah salah satu tokoh pendiri Republik Indonesia. Pria kelahiran Yogyakarta 21 April 1897 ini pernah menjabat sebagai Ketua Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Lambertus Nicodemus Palar adalah tokoh asal Sulawesi Utara. Pria kelahiran 5 Juni 1900 ini pernah menjabat sebagai Wakil Republik Indonesia dalam beberapa posisi diplomatik di PBB.

Tokoh ketiga, namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta, pasalnya namanya juga telah diabadikan sebagai nama salah satu jalan besar di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Pria asal Sumatera Utara ini lahir pada 28 Januari 1920, ia merupakan salah satu tokoh militer Indonesia.

Selain memberi gelar kehormatan, pemerintah juga akan memberikan tunjungan sebesar Rp 1,5 juta per bulan dan bantuan kesehatan Rp 3 juta per tahun untuk ahli waris. Dengan bertambahnya tiga pahlawan nasional tersebut, maka saat ini sudah ada 159 warga Indonesia yang berjasa dibidangnya dan mendapatkan anugerah pahlawan nasional dari pemerintah.

Untuk mengenang dan lebih mengenal jasa para pahlawan nasional pemerintah juga berencana meluncurkan portal Pahlawan Center bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November mendatang.  Melalui situs Pahlawan Center, masyarakat bisa melihat latar belakang, dan semangat perjuangan dari 159 pahlawan terpilih.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59753

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

lincoln