Pergi ke luar kota, meski untuk liburan long weekend, membutuhkan banyak persiapan. Tentu, ada perencanaan, pengepakan , dan bahkan bersih-bersih rumah sebelum keberangkatan. Namun persiapan tersebut juga harus mencakup menyimpan makanan yang mudah rusak dengan benar, termasuk roti.

Menurut Healthline seperti dilansir KABARI, roti biasanya memiliki umur simpan sekitar tiga hingga tujuh hari jika disimpan pada suhu kamar. Hal ini berarti jika telah membeli roti pada hari Kamis dan merencanakan liburan akhir pekan selama tiga hari, roti berharga Anda bisa rusak sebelum Anda kembali.

Berikut adalah beberapa cara untuk memperpanjang umur simpan yang agak pendek dan memastikan kesegaran jangka panjang untuk roti.

Segel dengan benar

BistroMD menyarankan untuk menggunakan kantong bersegel vakum yang mengeluarkan oksigen di sekitarnya sehingga jamur tidak dapat tumbuh subur, sehingga memungkinkan roti Anda bertahan lebih lama.

Simpan roti di tempat yang dingin

Jangan simpan roti Anda di atas lemari es. Madelyn Osten, mantan kepala pembuat roti di Sullivan Street Bakery, mengatakan ini akan membuat roti Anda menjadi busuk dalam sekejap mata. “Menyimpan roti di lemari es akan menyebabkan roti kantong kertas mengering, dan roti kantong plastik lebih cepat berjamur,” kata Osten.
Sebaliknya, Osten menyarankan agar Anda menyimpan roti di area dapur yang sejuk dan kering. Jika tidak di meja, maka di lemari atau laci yang dalam.

Coba tambahkan madu

Menurut Luminary Bakery , menambahkan sedikit madu bisa berfungsi sebagai pengawet alami jika memanggang roti sendiri. “Banyak pembuat roti mengatakan dengan metode pengawetan madu, mengharuskan Anda untuk menambahkan madu ke dalam resep (biasanya sekitar dua sendok makan untuk sepotong roti standar) atau menggunakannya sebagai pengganti gula yang dijadwalkan secara rutin. “Hasilnya adalah kreasi rasa manis yang bertahan lebih lama.”

Bekukan

Ina Garten mengatakan bahwa dia selalu menyimpan rotinya di dalam freezer agar tetap segar selama mungkin. Tapi, dia tidak hanya melakukan semuanya dalam satu roti. Sebagai gantinya, Garten memotongnya menjadi potongan-potongan besar dan membungkusnya dengan rapat di kertas yang aman untuk freezer.

Cara ini bisa membuat roti Anda tetap segar dan enak hingga enam bulan. Jadi, mungkin perpanjang perjalanan itu satu atau dua minggu, karena tahu Anda masih bisa membuat sandwich yang enak, atau setidaknya roti panggang yang enak, saat Anda kembali.

Sumber foto: thespruceeats.com

Ingin melakukan perjalanan wisata ke Vietnam? Simak informasinya dibawah ini.