Bagi penderita diabetes, makan makanan yang salah dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Para ahli percaya bahwa apa yang Anda makan secara signifikan mempengaruhi seberapa baik kadar gula darah Anda dikelola. Ada banyak makanan tinggi vitamin C, protein, antioksidan, dan serat yang diketahui dapat mengatur kadar gula darah. Namun, ada beberapa makanan terburuk untuk diabetes karena bisa tiba-tiba meningkatkan kadar gula darah.

Hari Lakshmi, Konsultan – Ahli Diet/Ahli Gizi, Rumah Sakit Ibu, Chennai untuk menemukan makanan terburuk yang harus dihindari dengan kadar gula darah tinggi atau diabetes. Lakshmi berkata, “Anda tidak selalu harus bergantung pada obat-obatan untuk mengendalikan diabetes. Diet Anda juga sangat mempengaruhi kesehatan. Membuat perubahan kecil pada diet Anda dapat melakukan keajaiban dalam jangka panjang. Mari kita lihat makanan apa yang harus dikeluarkan dari piring.”

Berikut 5 makanan yang perlu Anda hindari dengan kadar gula darah tinggi:

1. Gula

Penderita diabetes harus menghindari makanan manis seperti kue kering, permen, kue, kue kering, permen, dan cokelat. Menurut Lakshmi, penggunaan makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas, yang meningkatkan risiko gula darah tinggi. Selain itu, peningkatan tekanan darah , peradangan, dan penyakit hati berlemak adalah semua efek samping dari konsumsi gula tambahan yang dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Apalagi, makanan manis merupakan sumber karbohidrat yang bisa menaikkan kadar gula darah.

2. Makanan olahan dengan lemak trans dan jenuh

Bagi penderita diabetes, makanan olahan sangat dilarang karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Lakshmi mengatakan, “Lemak trans digunakan dalam makanan untuk mengawetkannya lebih lama, dan itu meningkatkan risiko diabetes dan komplikasi terkait jantung.” Selain itu, makan makanan olahan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh.

3. Makanan kaleng

Untuk memperpanjang umur simpan makanan kaleng, kelebihan natrium dan pengawet lainnya sering ditambahkan. Lakshmi berkata, “’Kaleng’ makanan kaleng mengandung bahan kimia yang disebut BPA atau bisphenol-A yang digunakan untuk memperkuat kaleng. Inilah alasan utama mengapa penderita diabetes mengalami efek samping negatif.” Ini tidak hanya meningkatkan risiko komplikasi terkait jantung tetapi juga dapat mengubah fungsi tubuh normal dalam jangka panjang.

4. Sereal manis

Mayoritas orang memilih sereal karena mereka percaya itu menjadi pilihan sarapan yang mengenyangkan dan sehat. Namun, itu tidak benar! Apalagi jika Anda menderita diabetes . sereal, yang sangat diproses dan berlimpah dalam biji-bijian olahan, mengandung gula. Mengkonsumsinya di pagi hari dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan gangguan hati. Jadi, bagaimanapun caranya, hindari mereka. Sebagai alternatif, Anda bisa makan semangkuk oatmeal yang direndam setiap pagi untuk sarapan.

5. Buah-buahan

Buah-buahan adalah pilihan sehat sebagai camilan dan sebagai makanan seimbang, mengandung nutrisi dan serat penting. Namun, “beberapa buah seperti buah ara, anggur, mangga, ceri, dan pisang, memiliki kandungan gula yang tinggi; Oleh karena itu, jika Anda memiliki gula darah tinggi , mereka perlu dibatasi. Namun Anda tetap bisa menikmati buah-buahan seperti jamun, pir, jeruk nipis, persik, apel, dan plum. Pastikan Anda mengkonsumsi dalam jumlah sedang.