Gelaran Hammersonic dijadwalkan akan digelar pada 18-19 Maret 2023 DI  Carnaval, Ancol. Tentu, dengan 53 perfomers internasional, Asia, dan dari tanah air, Hammersonic pun menjadi ajang yang selalu ditunggu oleh penikmat musik keras tanah air.  Terlebih Hammersonic 2023 ini spesial dan menjadi momen bersejarah karena akan ada band cadas asal Amerika Serikat, Slipknot yang bakal “membakar” pentas Hammersonic.

Yup! tetapi Slipknot ini bukan melulu soal musik cadas yang bisa menggetarkan jiwa raga atau katarsis melupakan sejenak rutinitas dunia. Setelah lebih dari dua dekade eksis dan tur internasional, pandangan alternatif tentang kesuksesan mereka tidak ada hubungannya dengan keberuntungan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keberanian dan ketangguhan.

Slipknot dapat mengajarkan satu atau dua hal tentang bisnis. KABARI menggali jauh ke dalam karier Slipknot. Lihat deretan tip bisnisnya di bawah ini.

1. Berpakaian sesuai bagiannya

Richard Branson pada satu titik dalam karirnya pernah berkata: Dalam lingkungan profesional Anda harus selalu mengetahui ruangan yang Anda masuki, dan pastikan Anda berpakaian untuk acara tersebut.

Lupakan ungkapan ‘berpakaian untuk pekerjaan yang Anda inginkan’. Wujudkan pekerjaan yang sudah Anda miliki. Dari topeng mereka, yang telah berevolusi dengan lintasan karier mereka, hingga alas kaki, yang dirancang khusus untuk memungkinkan anarki liar pertunjukan panggung mereka, Slipknot telah mendandani bagian tersebut dari ujung kepala hingga ujung kaki sejak hari pertama.

Dalam sebuah wawancara tahun 2011 tentang penciptaan band, salah satu pendiri Slipknot Clown (Shawn Crahan) berkata: “Saya akan memperketat setiap ujung yang longgar, dari cara kami mengikat sepatu kami, hingga cara kami bermain, cara kita memandang, cara kita bertindak, cara kita berbicara, cara kita berjalan ke suatu tempat. Saya akan mengencangkan semuanya.

2. Luangkan waktu untuk menyempurnakan hasilnya

Jangan pernah terburu-buru ke garis finis, Anda mungkin melewatkan beberapa langkah penting. Tidak usah buru-buru.

“Kami telah menghabiskan waktu berbulan-bulan dan berbulan-bulan untuk melakukan segala sesuatu yang mengarah pada penciptaan salah satu band terhebat yang pernah ada,” kata Clown pada tahun 2010.

Clown tukang las sebelum karirnya di Slipknot dan suatu hari dia pulang ke rumah karena pamannya telah dibunuh sebagai bagian dari inisiasi geng. Insiden itu membuatnya sadar betapa singkatnya hidup ini.

“Saya ingat berjalan ke [dia] dan mengatakan bahwa saya akan kembali ke musik karena saya merasa bahwa saya dapat menjangkau banyak orang sekaligus dengan pesan yang saya rasa akan saya berikan di dunia ini,” katanya.

3. Memiliki visi

Dalam bisnis, sangat penting untuk memiliki visi, dan tujuan Anda harus sesuai dengan visi tersebut.

Slipknot bisa dibilang salah satu band paling tangguh dalam bermusik. Corey Taylor melakukan tur tidak lama setelah lehernya patah dan menjalani operasi tulang belakang pada tahun 2016. Band melakukan tur dan rekaman meskipun Paul Gray meninggal sebelum waktunya pada tahun 2010.

Selama lebih dari dua dekade karir Slipknot, mereka tidak berubah. Sejak perilisan LP self-title mereka pada tahun ’99, mereka tetap kesetanan dengan kepala kambing yang terpenggal dan nomor 666. Namun penggemar mereka, juga dikenal sebagai maggots  adalah beberapa fanatik yang paling berdedikasi di dunia dan berasal dari semua lapisan masyarakat dan kepercayaan., Slipknot adalah fenomena budaya pop dan itu bukan hanya kebetulan.

“Anda harus berpikir di luar kota Anda,” kata Corey Taylor. “Anda harus berpikir mendunia jika Anda ingin melakukan apa pun. Kami adalah tipe orang yang memahami apa yang diperlukan tidak hanya untuk menjadi band terkenal di Amerika tetapi juga band mendunia.

4. Etos kerja Anda adalah segalanya

Dalam bisnis, sikap dan etos kerja Anda akan membedakan Anda dari yang lain.

Selain bakat musik inovatif dan aksi di atas panggung, Slipknot tidak ada artinya jika tidak berdedikasi. Tidak hanya jadwal tur global mereka menyisakan sedikit ruang untuk tidur atau pemulihan pasca tur, ini adalah band yang di tahun-tahun pembentukannya benar-benar dipaksa untuk tidur di atas satu sama lain.

Dalam wawancara tahun 2018 dengan Revolver , Mick Thompson (#7) mengatakan hal itu adalah “neraka mimpi buruk” untuk merekam album debut.

“Anda memiliki semua orang ini tersebar di tempat yang sama, dan kami tidak memiliki cukup tempat tidur sehingga kami semua bertumpuk satu sama lain. Kami tidak punya uang, tidak ada makanan sungguhan. Pizza beku dan makaroni dan keju toko kelontong apa pun adalah tentang tingkat makan kami saat itu.”

5. Gali lebih dalam untuk menghasilkan hasil yang luar biasa

Penolakan adalah bagian dari dunia profesional, Anda harus menggali lebih dalam untuk maju dan mencapai tujuan Anda.

Meskipun rilis self-title debut Slipknot mencapai status Platinum di Australia, 2x Platinum di AS dan mencapai #51 di tangga lagu Billboard AS, album itu hampir menghancurkan band.

Jadwal tur sangat melelahkan, dengan sembilan mulut dan sembilan ego untuk memberi makan Roadrunner dengan anggaran yang sedikit. Promosi rekaman praktis membuat band bangkrut dan masa depan mereka sama sekali tidak pasti.

Tapi mereka tidak akan menjadi raksasa global seperti sekarang ini tanpa menggali lebih dalam dan melakukan apa yang harus dilakukan. Band menggali lebih dalam, dan pada tahun 2001 Iowa mendefinisikan Slipknot. Lebih berat, lebih cepat, dan lebih agresif dari rekaman mereka sebelumnya. Album hit #2 di Australia, #1 di Inggris dan Kanada, dan Top 5 di tujuh negara lainnya.

6.Setiap langkah dari proses sama pentingnya dengan langkah berikutnya

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang melengkapi kelemahan Anda dan ketahuilah bahwa setiap anggota tim sama pentingnya dengan yang berikutnya. Pastikan Anda memiliki tujuan dan visi bersama yang diusahakan semua orang secara kolektif.

Dengan sembilan anggota di band, proses rekaman Slipknot telah menjadi seni yang sempurna. Memang, setiap anggota memiliki perannya masing-masing, tetapi beberapa lagu mungkin membuat anggota tertentu menerima waktu tayang hanya 10 detik di satu lagu.

Menjadi anggota Slipknot berarti memahami bahwa slot 10 detik Anda sama pentingnya dengan hasil keseluruhan daripada hanya vokal Corey Taylor saja.

“Musik bukanlah soda. Ini bukan tarif asuransi. Ini bukan T-shirt. Itu adalah satu-satunya agama sejati yang layak untuk mengabdikan jiwa Anda,” kata Corey Taylor dalam bukunya Seven Deadly Sins .

Sumber foto: wearethepit.com

Baca Juga: