logo top 10

  1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, melalui laman Facebook-nya mengecam praktik kampanye hitam jelang Pemilihan Presiden 2014. Dia pun membantah melarang rakyat Indonesia memilih kandidat tertentu. “Saya mengikuti kompetisi antar Tim Pendukung Capres makin keras dan sering melebihi kepatutannya. Hal begitu menurut saya tidak baik. *SBY*” tulis Presiden (24/5). Presiden pun membantah pernah mengeluarkan larangan bagi rakyat untuk memilih kandidat tertentu, sebagaimana dia temui saat memantau pemberitaan dalam satu atau dua hari sebelum status ini diunggah. “1-2 hari diedarkan berita bahwa ‘SBY’ meminta rakyat untuk tidak pilih Capres X, karena membahayakan. Sesuatu yang tidak pernah ada,” tekan Presiden. SBY mengaku tidak pernah mengharuskan rakyat untuk memilih calon presiden A atau calon presiden B. “Juga tidak pernah melarang agar tidak terpilih capres tertentu,” imbuhnya. “Saya menghormati kebebesan dan kedaulatan rakyat untuk memilih capres mana yang dipercayainya. Saya tidak punya hak untuk melarang” tulis SBY lagi.
  2. Satu lagi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II terjerat kasus korupsi.  Suryadarma Ali selaku Menteri Agama ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamin (22/5). Hal ini diperkuat dengan pernyataan Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, KPK telah menaikan status penyelidikan kasus dana haji di Kementerian Agama ke penyedikan. Dalam kasus ini, KPK mencium kerugian sementara senilai Rp 100 miliar dari kasus penyelenggaraan dana haji. Kampanye Capres/Cawapres secara resmi belum dimulai. Tapi kampanye hitam (black campaign) yang dilakukan dua kubu pendukung kian marak. Tak hanya di jejaring sosial dan pesan SMS, di tempat umum pun ditempeli spanduk bernuansa SARA.
  3. Kampanye hitam bernada menghina, menebar kebencian maupun provokasi di beberapa tempat ditemukan warga terpasang di tepi jalan. Juga spanduk ajakan tidak memilih calon tertentu. Di media sosial, perang antara pendukung Prabowo-Hatta dan Jokowi-Jusuf Kalla makin panas. Provokasi dan ajakan tidak memilih calon tertentu juga kerap diterima warga di telepon genggam. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menegaskan, hukumnya berdosa saling menghujat, menghina dan apalagi kampanye hitam mengarah kepada SARA. Itu berbahaya bagi perjalanan bangsa Indonesia. “MUI meminta para pendukung calon Presiden dan Wakil Presiden untuk menahan diri. Sebaiknya, mereka mengedepankan program visi dan misi yang diusung pasangan masing-masing,” papar Ma’ruf
  4. Selama tiga hari (23-25 Mei 2014), kawasan Silang Monas Jakarta dipadati banyak pengunjung yang ingin menyaksikan dari dekat keunikan budaya Papua. Berbagai tarian, lagu, tenunan, kerajinan serta ornamen khas Papua dipamerkan dalam kegiatan Pekan Seni Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat itu. Salah satu acara budaya yang menarik minat warga ibukota adalah acara ‘Bakar Batu’ yang secara simbolis dibuka oleh  Gubernur Papua Barat, Abrahaman O Atururi. Rangkaian acara itu merupakan bagian dari kegiatan memeriahkan Sail Raja Ampat, sebagai tindaklanjut keputusan Presiden RI tekait pelaksanaan Sail Raja Ampat pada 21 Juni 2014 dan Festival Danau Sentani (FDS) 19 Juni 2014 mendatang. Puncak perayaan Sail Raja Ampat akan dihadiri Presiden RI di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Kota Waisai, Raja Ampat pada 21 Juni 2014.
  5. Deklarasikan gerakan 1000 rupiah digagas tim relawan Jokowi – Jusuf Kalla untuk maju menuju Pilpres. Gerakan ini bertujuan agar masyarakat bisa berpartisipasi mendukung dan memenangkan Jokowi –JK dengan menyumbang Rp 1000. Nantinya dana yang terkumpul dari para pendukung Jokowi –JK akan diberikan kepada tim pemenangan Jokowi dan JK, sebagai dana kampanye. Gerakan Rp 1000 akan dilakukan di beberapa tempat termasuk kota-kota besar seperti Surabaya dan Medan.
  6. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menghimbau agar seluruh rangkaian kegiatan perayaan HUT Jakarta ke487 pada tahun ini agar bebas dari muatan politis. Disampaikan Ketua Harian Panitia HUT DKI Jakarta, Bambang Soegiono, karena perayaan HUT DKI kali ini bersamaan dengan pelaksaaan Pilpres, untuk itu dia meminta seluruh pihak berhati-hati dalam menggelar kegiatan, jangan sampai ada kegiatan bermuatan politis. Bambang menambahkan, pihak panitia melakukan langkah antisipasi untuk menjaga agar kegiatan dilaksanakan tidak mengarah ke hal-hal yang berunsur politis diantaranya dengan tidak menghadirkan sejumlah massa yang terlalu besar. Bambang juga mengatakan, perayaan HUT DKI Jakarta tahun ini tidak dilangsungkan secara meraih seperti perayaan tahun-tahun berikutnya.
  7. Wakil Guberbur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok membuat wacana peraturan baru untuk jam operasional tempat-tempat hiburan malam di DKI Jakarta. Ahok menegaskan semua tempat hiburan malam hanya boleh beroperasi sampai pukul 02.00 dini hari. Hal ini dilakukan karena Ahok menilai tempat hiburan malam yang beroperasi hingga pagi hari karena di sana sering terjadi tempat transaksi narkoba. Kendati telah menyiapkan peraturan baru, namun Ahok masih belum akan memberlakukan jam malam bagi tempat-tempat hiburan, karena ia masih fokus pada penanganan banjir di Jakarta. Namun rencananya itu telah ia buktikan dengan menutup secara resmi diskotek Stadium pada 19Mei 2014 lalu karena diduga menjadi tempat transaksi narkoba
  1. Beragam produk berkualitas yang ditampilkan dalam Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2014 yang berlangsung Harris Conventions Festival Citylink, Bandung, menyedot perhatian. Para pengunjung tak hanya berasal dari kota Bandung. Tapi juga daerah lain Jakarta, Yogyakarta, Lampung, dan Bali. Bahkan, warga Malaysia, Singapura, Australia dan Jepang. Kepala Pusat Komunikasi  Kementerian Perindustrian, Hartono, pameran yang diikuti  130 peserta ini menampilkan berbagai produk unggulan. Di antaranya  mobil buatan dalam negeri, furnitur, alat kesehatan dan alat industri pertahanan, elektronika dan peralatan rumah tangga, alat musik dan olahraga, herbal dan kosmetik, makanan dan minuman, batik dan tenun, serta perhiasan dan kerajinan.
  2. Para pelaku pariwisata di Bali meminta aparat kepolisian untuk meningkatkan langkah antisipasi dalam hal keamanan di daerah Pulau Dewata. Hal ini didasari akibat kasus perampokan yang menimpa seorang turis asal Inggris di Bali. Seperti dikutip Antara, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya menyatakan pihaknya meminta polisi untuk meningkatkan antisipasi keamanan karena pariwisata sangat tentan dengan kemanan. Tak hanya kasus perampokan yang menewaskan warga Inggris, kasus-kasus lain seperti aksi kriminal yang menimpa turis pun kerap terjadi. Bahkan banyak kasus sampai sekarang belum terungkap. Untuk itu Ida meminta agar aparat negara dapat menuntaskan permasalahan tersebut untuk mengembalikan citra kemanan pulau Dewata.
  3. Potensi mutiara alam laut Indonesia seharusnya dapat dikembangkan agar memberi nilai tambah. Sebanyak 50 persen total produksi mutiara dunia ada di Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo mengatakan, Indonesia perlu menguasai faktor-faktor pencipta nilai tambah. Misalnya, areal budi daya, tenaga kerja, dan teknologi. “Pemerintah akan terus mendorong promosi Indonesian South Sea Pearl (ISSP) secara intensif dan tepat,” katanya di Jakarta, akhir pekan lalu. Ekspor mutiara Indonesia mencapai angka 29 juta dolar AS. Angka ini masih dapat bertambah apabila faktor-faktor produksi digenjot efektivitasnya. Permintaan mutiara untuk industri perhiasan juga cukup besar.  Harga mutiara mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Indonesia menempati urutan ke-9 dunia setara 2,07 persen dari total nilai ekspor mutiara di dunia yang mencapai 1,4 miliar dolar AS. Negara tujuan ekspor meliputi Jepang, Hong Kong, Australia, Korea Selatan, Thailand, Swiss, India, Selandia Baru, dan Prancis.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?66522

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :