Faktor kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan merupakan dua hal yang sangat penting. Untuk itu, sebelum memutuskan plesiran ke suatu tempat, dua faktor tersebut perlu diperhatikan. Agar tetap waspada dan keselamatan terjamin, berikut ini ada beberapa kiat yang bisa diterapkan agar selama perjalanan Anda nyaman dan sampai di tujuan dengan selamat.

1. Hindari pamer benda berharga

Agar tetap aman, jangan pernah memamerkan benda berharga. Perhiasan dan benda mahal bisa menarik perhatian orang sekitar atau bisa saja memancing niat buruk seseorang untuk mendekati Anda. Lakukan langkah pencegahan dengan tidak menggunakan perhiasan, serta benda-benda mewah lainnya saat berjalan-jalan.

2. Jangan sendirian

Banyak orang sangat suka berkeliling ke tempat-tempat tertentu untuk mengabadikan pemandangan alam yang indah. Jangan pergi sendirian saat membawa perlengkapan mahal. Waspadai gelagat mencurigakan disetiap tempat, pasalnya pelaku kejahatan selalu menggunakan kesempatan itu untuk merampas ketika sasarannya sedang sendirian dan lengah.

3. Simpan dokumen penting

Taruhlah selalu dokumen penting dalam tempat yang aman. penting. Apabila harus membawanya, simpanlah dalam tas atau tempat yang tahan air dan sembunyikan di bawah pakaian Anda atau masukkan pada tempat penyimpanan uang.

4. Bawa perlengkapan seperlunya

Usahakan agar barang bawaan tidak terlalu berat. Hal ini sangat penting namun banyak orang cenderung kurang memperhatikannya. Jika bawaannya ringan akan sangat memudahkan Anda untuk membawanya. Ini akan membuat perjalanan lebih nyaman. Jika beban yang dibawa bertambah, rasa kekhawatiran juga akan ikut meningkat. Baik untuk mengangkutnya maupun menjaganya.

5. Jaga makan

Ketahui persis makanan apa saja yang Anda konsumsi. Ingatlah, bahwa penyakit memasuki tubuh melalui mulut. Pastikan makanan yang dimakan aman dan tidak memiliki kandungan yang bisa membuat alergi. Jika pergi keluar negeri coba untuk membiasakan diri dengan makanan lokal. Apabila sulit melakukannya, pergilah ke restoran besar dan pilih jenis makanan yang biasa Anda konsumsi.

6. Utamakan air mineral

Air merupakan faktor terpenting untuk bertahan saat berpergian. Jangan meremehkan fungsi air bagi tubuh Anda. Selalu bawa air bersih dan higienis bersama Anda. Pastikan air tersebut bebas dari virus dan tidak mengandung penyakit.

7. Bawa peta

Jangan berpergian tanpa arah. Bawa selalu peta untuk mencari area setempat. Tandai tempat-tempat penting, seperti penginapan, rumah makan dan tempat penting lainnya. Pastikan Anda tahu kearah mana harus pergi. Jika ragu, bertanyalah kepada orang yang dapat dipercayai bagaimana mencapai tempat tujuan Anda.

Kiat Menghindari Kejahatan Selama Pelesir

Berniat berlibur jauh dari tempat Anda berada? Mungkin Anda sudah punya daftar tempat berlibur dalam benak Anda. Berlibur merupakan hal yang sangat menyenangkan, tetapi Anda harus tetap waspada saat berada di daerah yang masih asing.

Bisa saja Anda menjadi sasaran perampasan. Berikut adalah kiat agar Anda terhindar dari perampasan pada waktu berlibur :

  • Sebisa mungkin hindari berjalan sendirian pada malam hari. Tetapi jika memang harus, tingkatkan kewaspadaan Anda
  • Selalu pilih sisi jalan yang biasa digunakan orang berlalu-lalang
  • Berjalanlah agak ketengah jalan untuk menghindari pencuri yang biasa berada ditepi jalan.
  • Hindari berjalan terlalu dekat dengan seseorang
  • Bila Anda mencurigai ada seseorang yang mengikuti,rubahlah segera arah perjalanan Anda. Misalnya menyeberangi jalan, berhenti di toko atau mampir ke kedai kopi.
  • Berjalanlah berlawanan dari arah mobil yang melaju dijalanan agar bisa melihat arah mobil. Hal ini untuk menghindari mobil yang bisa tiba-tiba mendatangi Anda.
  • Berjalanlah dengan langkah pasti agar terlihat Anda tahu kemana akan pergi.
  • Pastikan terlebih dahulu rencana perjalanan Anda sebelum meninggalkan hotel. Cobalah tulis semua alamat tempat yang akan di tuju dan urutkan tempat mana yang jaraknya saling berdekatan.
  • Hindari lorong
  • Bila menggunakan mobil, pastikan kunci mobil sudah ada di tangan Anda sebelumnya. Jangan sampai terlihat sedang mencari-cari kunci saat berada didekat mobil
  • Hindari penggunaan tas bertali panjang, karena mudah ditarik dan kerap menjadi sasaran perampasan.
  • Pisahkan uang Anda dengan kartu identitas. Jika terpaksa menyerahkan dompet, kartu identitas tak akan ikut terambil
  • Jangan taruh uang dalam satu tempat. Jika memisahkannya, Anda akan tetap punya sejumlah uang seandainya dirampok.
  • Jika Anda menjadi korban perampasan, serahkanlah uang, perhiasan atau apapun yang diminta perampas untuk menghindari serangan yang berakibat luka
  • Hafalkan ciri-ciri perampas dan segera cari pertolongan secepatnya.(1001)