KabariNews – Sudah 73 tahun Indonesia merdeka, sudah banyak juga perkembangan yang terjadi di negara ini. Salah satunya adalah perkembangan di industri hiburan. Industri hiburan pun lama kelamaan menjadi sarana promosi negara Indonesia ke dunia internasional. Salah satu contoh nyata adalah melalui festival musik berskala internasional. 

Festival musik internasional juga menjadi sarana artis-artis Indonesia menunjukkan keahliannya ke dunia yang lebih luas. Sebab, festival musik internasional tidak hanya didatangi oleh masyarakat Indonesia saja tetapi wisatawan mancanegara pun rela untuk mendatangi Indonesia demi menyaksikan artis favoritnya secara langsung. Hal tersebut dapat dimanfaatkan artis-artis Indonesia untuk menyebarluaskan namanya.

Salah satu festival musik internasional terdekat yang akan digelar adalah Hodgepodge Superfest yang rencananya akan diselenggarakan pada pada tanggal 1&2 September 2018 di Allianz Ecopark Ancol. Festival musik baru ini, merupakan hasil kolaborasi Java Festival Production dengan SuperMusic.id. Seperti festival musik internasional yang diselenggarakan oleh Java Festival Production, Hodgepodge Superfest akan dimeriahkan berbagai artis-artis ternama di dunia musik internasional dan juga di Indonesia.

Artis Indonesia yang akan tampil di Hodgepodge Superfest mendatang antara lain The SIGIT, The Brandals, Tomorrow People Ensemble x Eka Annash, Rendy Pandugo, Endah N Rhesa Extended, Soundwave, Onar, The Trees & The Wild, Barefood, 70sOC, dan SoftAnimal. Deretan artis-artis Indonesia tersebut dapat dibilang cukup bervariasi. Ada The SIGIT grup musik rock asal Bandung, ada pula Rendy Pandugo yang akan menghibur pengunjung dengan permainan gitar dan vokal merdunya, dan juga Tomorrow People Ensemble yang akan berkolaborasi dengan Eka Annash, SoftAnimal yang juga merupakan projek terbaru Bayu Adisapoetra, drummer dari Eelephant Kind dan masih banyak lagi.

Tetapi, untuk mendapatkan spot dan tampil di festival musik internasional seperti Hodgepodge Superfest tidak semudah itu. Dalam sebuah festival musik, terdapat tim program yang bertanggung jawab dalam pemilihan artis yang akan tampil.

“Biasanya kita kurasi dulu, kita cari-cari dari berbagai platform. Dari YouTube, Spotify, SoundCloud kita dengerin satu-satu dan biasanya kita juga cari yang memang up and coming. Jadi discovery platform konsepnya” ujar Nikita Dompas, salah satu tim program Java Festival Production.

“Nah, untuk Hodgepodge Superfest sesuai dengan namanya yang artinya campur aduk, rock, pop, indie, R&B kita satukan semuanya” tambah Nikita.