Selama ribuan tahun, para yogi telah menggembar-gemborkan kekuatan mental dan fisik yoga. Untungnya, Anda tidak harus menjadi ahli untuk mendapatkan manfaatnya menambahkan beberapa pose yoga ke dalam rutinitas harian dapat membantu kesehatan dengan berbagai cara.

“Pada tingkat fisik, yoga membantu meningkatkan fleksibilitas , kekuatan, keseimbangan, dan daya tahan,” kata Linda Schlamadinger McGrath, pendiri YogaSource Los Gatos di Los Gatos, California, yang disertifikasi oleh Yoga Alliance, asosiasi yoga nirlaba terbesar di dunia yang mensertifikasi guru dan sekolah. “Dan pada tingkat psikologis, yoga dapat membantu Anda menumbuhkan kesadaran saat Anda mengalihkan kesadaran ke sensasi, pikiran, dan emosi yang menyertai pose atau latihan tertentu.”

Dan semakin banyak ilmu pengetahuan yang menunjukkan bahwa latihan yoga secara teratur dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan sejumlah kondisi kesehatan kronis, termasuk asma, penyakit jantung, dan multiple sclerosis (MS).

1. Yoga Meningkatkan Kesehatan Emosional dan Meredakan Stres

Olahraga meningkatkan energi dan suasana hati, tidak terkecuali yoga. Banyak orang yang berlatih yoga melakukannya karena manfaatnya dalam hal relaksasi dan manajemen stres. Penelitian dari tahun 2022 menunjukkan bahwa yoga, serta mindfulness, dikaitkan dengan penurunan tingkat stres yang dirasakan. Selain itu, penelitian telah menunjukkan intervensi yoga dikaitkan dengan peningkatan ukuran objektif tingkat stres dalam tubuh, seperti penurunan kadar kortisol malam hari, penurunan kadar kortisol saat bangun tidur, dan penurunan detak jantung saat istirahat.

“Yoga dapat menghasilkan manfaat kesehatan emosional karena merupakan latihan yang melatih tubuh dan pikiran,” kata Manuela Kogon, MD, profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Medicine dan seorang dokter penyakit dalam di Stanford Center for Integrative Medicine di Palo Alto, Kalifornia.

“Latihan yoga tidak hanya terdiri dari gerakan, tetapi gerakan dinamis yang terkait dengan pernapasan,” kata Dr. Kogon. “Berfokus pada postur tubuh dapat mengalihkan perhatian dari pemikiran negatif.”

Dan individu dengan atau tanpa kondisi kesehatan mental bisa mendapatkan manfaatnya, katanya. Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat bermanfaat bagi penderita depresi dan skizofrenia.

2. Yoga Dapat Membantu Anda Mendapatkan Tidur Malam Yang Nyenyak

“Relaksasi yang terkait dengan yoga dapat bermanfaat untuk tidur,” kata Kogon. Yoga lembut sebelum tidur direkomendasikan sebagai perubahan gaya hidup yang dapat membantu penderita insomnia namun ini bisa menjadi rutinitas sebelum tidur yang baik bagi siapa saja.

“Mempraktikkan asana atau postur santai, seperti melipat ke depan (Uttanasana) atau berbaring telentang dengan kaki menempel di dinding bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu Anda rileks sesaat sebelum tidur,” kata Tamal Dodge , pendiri Yoga Salt di Los Angeles. “Mereka akan membantu menenangkan tubuh dan, yang paling penting, pikiran Anda.”

3. Yoga Dapat Membantu Mengatasi Mabuk Anda

Pagi hari setelah minum-minum semalaman, yoga mungkin menjadi hal terakhir yang Anda pikirkan, tetapi mungkin tidak seharusnya demikian.

Kogon mengatakan bahwa meskipun dia tidak mengetahui penelitian ilmiah tentang kemampuan yoga untuk meredakan mabuk, ada banyak bukti anekdot yang menunjukkan bahwa yoga berhasil. “Bisa jadi peningkatan aliran darah saat melakukan yoga membantu menghilangkan efek racun alkohol,” katanya.

4. Yoga Dapat Membantu Mengatasi Sakit Punggung Kronis

“ Nyeri punggung dapat diredakan dengan yoga karena latihan ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot,” kata Kogon. Penelitian menunjukka yoga adalah pengobatan yang lebih efektif untuk sakit punggung kronis dibandingkan perawatan biasa untuk meningkatkan fungsi punggung.

Jika Anda memang menderita sakit punggung, pilihlah jenis yoga yang lebih lembut, seperti hatha atau Iyengar, daripada latihan yang lebih berat, untuk menghindari cedera. Dan ingat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokte sebelum memulai aktivitas fisik jenis baru jika Anda memang memiliki masalah punggung atau kondisi medis lainnya.

5. Yoga Membantu Melawan Penyakit Jantung

Ada semakin banyak bukti bahwa yoga dapat bermanfaat bagi jantung. Beberapa penelitian menunjukkan yoga dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung yang diketahui, seperti tekanan darah tinggi, di antara mereka yang menderita hipertensi.

Studi lain yang mengikuti pasien dengan gagal jantung menemukan bahwa menambahkan yoga selama delapan minggu ke dalam pengobatan mereka meningkatkan kapasitas pasien untuk berolahraga, meningkatkan kesehatan jantung mereka, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan dibandingkan dengan pasien yang tidak melakukan yoga selain rutin. perlakuan.

“Yoga meningkatkan aliran darah, membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan melemaskan pembuluh darah, yang baik untuk gagal jantung. Ini meringankan beban kerja jantung,” kata Kogon.

Aktivitas fisik, latihan pernapasan, dan meditasi secara terpisah diketahui membantu menahan faktor risiko penyakit kardiovaskular, jadi tidak sulit untuk memahami mengapa penelitian menemukan yoga (yang menggabungkan ketiga hal ini) membantu melakukan hal yang sama.

6. Gerakan Yoga yang Lembut Dapat Meringankan Nyeri Radang Sendi

Olahraga teratur dapat membantu menjaga persendian tetap fleksibel, otot kencang, dan berat badan terkendali, yang merupakan hal yang dibutuhkan oleh penderita arthritis untuk mengatasi rasa sakit. Yoga dapat menjadi cara yang bagus bagi penderita arthritis untuk tetap aktif, karena gerakan yang lembut dapat mengurangi stres dibandingkan jenis olahraga lainnya, menurut Arthritis Foundation. Penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga dikaitkan dengan berkurangnya rasa sakit dan peningkatan fungsi sendi pada orang dengan berbagai jenis arthritis.

“Kami berspekulasi bahwa peningkatan fleksibilitas, peningkatan kekuatan otot, dan pengurangan stres merupakan faktor pengubah nyeri artritis,” kata Kogon. Jadi masuk akal jika yoga dapat membantu mengatasi gejalanya. Tidak ada bukti kuat bahwa satu bentuk yoga lebih baik daripada bentuk yoga lainnya untuk mengatasi rasa sakit. Seperti biasa, jika Anda memiliki suatu kondisi medis, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum mencoba jenis aktivitas fisik baru.

7. Yoga Dapat Membantu Meringankan Gejala Asma

Yoga memang belum terbukti dapat menyembuhkan asma, namun ada beberapa bukti bahwa yoga dapat membantu mengatasi gejala asma. Satu tinjauan terhadap 15 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa yoga dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup dan manajemen gejala pada penderita asma sedang. Namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan mekanisme bagaimana yoga membantu dan apakah yoga meningkatkan fungsi paru-paru (yang menyebabkan asma).

Kogon mengatakan masuk akal bahwa yoga dapat membantu mengatasi gejala asma karena latihan pernapasan membantu mengendurkan otot-otot di berbagai bagian paru-paru kita, yang mengencangkan dan menegangkan selama serangan asma . “Serangan asma bisa sangat membuat stres. Pernapasan yang terkontrol membantu mengurangi stres yang pada gilirannya membantu mengatur pernapasan,” jelasnya.

8. Yoga Dapat Membantu Mengurangi Gejala PTSD

Karena yoga meningkatkan kesejahteraan dan membantu mengatasi stres, banyak orang beralih ke yoga setelah menghadapi trauma atau saat menghadapi kejadian sulit untuk meningkatkan kesehatan mental. Uji klinis yang lebih banyak dan dirancang lebih baik diperlukan untuk menetapkan yoga sebagai alat untuk membantu gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD) dengan lebih baik, namun bukti yang ada menunjukkan bahwa yoga dapat membantu.

Sumber foto: Natalie Bond / Pexels.com

Baca Juga: