Wabah virus corona telah mengacaukan kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Menurut dokter dan ilmuwan, pertahanan terbaik melawan virus corona adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat yang dapat melawan virus.

Selain menjaga pola makan yang seimbang dan olahraga teratur membantu menjaga sistem kekebalan Anda lebih kuat, ada juga makanan tertentu yang mengandung nutrisi dan mineral penting yang dapat membantu tubuh melawan patogen, yaitu benda asing seperti bakteri dan virus, yang menyebabkan infeksi atau penyakit.

Sistem kekebalan tubuh kita mengandung protein, jaringan, dan organ yang menjalankan proses tubuh dan melawan virus berbahaya. Ketika tubuh bersentuhan dengan patogen, sistem kekebalan tubuh memicu respons kekebalan yang melepaskan antibodi yang membantu membunuh virus. Oleh karena itu, memasukkan makanan tertentu ke dalam makanan dapat membantu dalam menangkal virus mematikan termasuk virus corona.

Meskipun ada banyak suplemen kesehatan yang tersedia yang mengandung dosis harian mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh, disarankan untuk mendapatkannya melalui sumber makanan alami sebanyak mungkin. Berikut ini adalah makanan terbaik untuk dipertimbangkan untuk meningkatkan kekebalan:

#1 Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan zat besi dan vitamin C. Bayam penting untuk produksi darah segar dan menjaga kotoran darah. Selain itu, bayam dikemas dengan nutrisi seperti beta-karoten dan antioksidan yang meningkatkan kemampuan tubuh melawan penyakit. Dengan demikian, memasukkan bayam ke dalam makanan dapat membantu kesehatan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menambahkan bayam ke sejumlah hidangan.

Namun, pastikan daunnya dimasak dengan benar, karena bayam mentah bisa sulit dicerna bagi sebagian orang. Bayam juga harus dimasukkan dalam makanan anak-anak secara wajib karena memberi mereka nutrisi penting untuk tumbuh dan mengamankan sistem kekebalan yang sehat.

#2 Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang telah menjadi bagian dari masakan India selama berabad-abad. Kunyit dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang membantu dalam mengobati peradangan otot dan tulang.

Yang paling penting, kunyit mengandung bahan aktif yang disebut kurkumin yang merupakan modulator sistem kekebalan yang hebat. Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa kurkumin dapat memodulasi proliferasi dan aktivasi sel T, dan dapat menghambat peradangan akibat stres oksidatif.

#3 jahe

Jahe adalah makanan dengan sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Jahe adalah rempah-rempah populer yang dapat membantu mengurangi masalah terkait peradangan serta membantu dalam pengobatan sakit tenggorokan.

Jahe memiliki sifat antivirus dan juga dapat meningkatkan pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan usus sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

#4 Buah Jeruk

Last but not least, buah jeruk seperti lemon, jeruk, limau, jeruk bali, dan jeruk keprok, antara lain, dikemas dengan vitamin C yang membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

Sel darah putih sangat penting dalam melawan penyakit dan infeksi. Ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh, mencegah kerusakan sel, yang pada akhirnya mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker.

#5 Almond

Dari semua kacang-kacangan, almond mengandung vitamin E konsentrasi tinggi yang memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang membutuhkan lemak agar dapat diserap dengan baik.

Almond mengandung lemak sehat yang memudahkan proses penyerapan. Vitamin E membantu produksi sel darah merah yang meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Ini membuat sistem kekebalan lebih kuat.

Anda disarankan untuk mengkonsumsi 4-6 almond setiap hari. Anda bisa memakannya utuh atau direndam dalam air atau menambahkan beberapa almond yang dihancurkan ke dalam susu untuk milkshake yang lezat.

#6 Yoghurt

Yogurt dianggap sebagai probiotik yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan. Ini secara langsung mempengaruhi usus, membantu bakteri baik untuk berkembang. Kesehatan usus secara langsung terkait dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu, usus yang sehat berarti sistem kekebalan yang sehat. Meskipun ada banyak yogurt beraroma yang tersedia di pasaran, Anda disarankan untuk mengonsumsi yogurt tawar.

#7 Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C, vitamin K, potasium, dan folat. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Kiwi juga membantu dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi. Anda bisa mengkonsumsi kiwi setiap hari. Buahnya mengandung biji kecil yang bisa dimakan dan juga penuh nutrisi.

#8 Pepaya

Sama seperti kiwi, pepaya secara alami penuh dengan nutrisi dan mineral yang diperlukan seperti folat, Vitamin C, Vitamin K, dan potasium. Kalium dalam pepaya dikenal untuk menjaga kesehatan jantung. Pada saat yang sama, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi dan menangkal penyakit.

#9 Teh Hijau

Teh hijau mengandung sifat antioksidan yang sangat baik yang membantu tubuh mendetoksifikasi racun dan elemen berbahaya lainnya. Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut EGCG atau epigallocatechin yang telah terbukti meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Teh hijau karena tidak diproses sepenuhnya menahan sebagian besar nutrisi dan mineral di daunnya. Para ahli menyarankan agar Anda mengkonsumsi 3-4 cangkir teh hijau dalam sehari karena tidak hanya akan membuat terhidrasi tetapi juga membantu membuang racun dan bahan limbah lainnya dari tubuh sambil menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.