Pandemi virus corona atau covid-19 menjadi perhatian dunia, selain krisis kesehatan, hal ini juga mempengaruhi sektor perekonomian global.

Masyarakat Indonesia di Philadelphia sejak diterbitkannya kebijakan stay at home oleh pemerintah AS, Warga Indonesia di Amerika Serikat mengalami pelemahan ekonomi akibat dampak covid-19.

Beragam komunitas hingga organisasi masyarakat Indonesia di Philadelphia bersatu dan bergotong royong saling membantu bagi warga tanah air yang berdampak akibat pandemi covid-19.

Dijelaskan Aldo Siahaan, masyarakat Indonesia di Philadelphia mengenai perkembangan warga Indonesia di AS.
Kebijakan stay at home oleh pemerintah AS merupakan upaya mencegah penyebaran covid-19, Aldo bersama teman-temannya langsung bergerak mengedukasi kepada masyarakat Indonesia di Philadelphia untuk selalu menggunakan masker jika keluar rumah, memakai sarung tangan dan menjaga jarak sosial.

Selain itu, dampak covid-19 yang memengaruhi laju perekonomian juga berdampak pada tenaga kerja pabrikan yang terkena PHK. Hal ini bukan hanya terjadi di tanah air saja, namun bagi masyarakat Indonesia khususnya di Philadelphia juga mengalami masa sulit dengan di batasi pergerakannya untuk pegi ke luar rumah termasuk untuk bekerja. Hal ini menurut Aldo, kondisi warga Indonesia di Philadelphia cukup mengkhawatirkan.

“Karena di sini kita sangat deket, sangat paguyuban banget, di sini kita ada dua belas Gereja dan satu Masjid, kita lumayan sering bekerjasama, seperti masjid dan gereja-gereja kita bener-bener bekerjasama dan memberi bantuan untuk warga Indonesia yang tidak bekerja, yang pergi ke dokter untuk periksa kesehatan kita take care, dan setiap Gereja, Komunitas dan Organisasi, bener-bener doing amazing,” ungkap Aldo.

Selengkapnya Simak Video Berikut Ini :