Gelaran fashion show dalam rangka penghormatan kepada tokoh Tidore, Abdullah Qadi Abdussalam atau dikenal sebagai Tuan Guru akan dilaksanakan pada Kamis, (6/10/2022).

Fashion akan diadakan di Jembatan Kesultanan Tidore, Maluku Utara. Pemilihan Jembatan Tidore sebagai tempat show karena banyak menyimpan cerita sejarah, mulai dari gerbang masuknya pedagang-pedagang pada masa lalu sampai tempat kepergian Tuan Guru yang diasingkan ke Capetown, Afrika Selatan.

Acara yang melibatkan putra putri Tidore dan Ibu PipeBI ( Persatuan Istri Karyawan BI), akan mempertunjukkan  baju dan jaket-jaket dari Tenun Motif Tuan Guru.

“Event digelar sebagai pengingat untuk anak cucu Tidore khususnya dan Indonesia umumnya untuk lebih mengenal Tuan Guru sebagai pahlawan nasional dan mencontoh perjuangan baik Tuan Guru untuk Indonesia,” kata  Anita Gathmir, pendiri Puta Dino Kayangan, kepada KABARI.

Untuk diketahui, Abdullah Qadi Abdussalam lahir di Tidore pada tahun 1712 dan wafat pada tahun 1807. Memiliki darah keturunan kesultanan Tidore, Abdullah Qadi Abdussalam  dikenal sebagai sosok yang cerdas dan taat beribadah serta tegas dalam melawan para penjajah.

Tuan Guru ditangkap dan ditahan lalu diasingkan sebagai tahanan politik oleh Pemerintah Belanda karena dianggap selalu mengaungkan perlawan terhadap Belanda.

Tuan Guru juga merupakan orang pertama yang membangun masjid dan sekolah di Afrika Selatan. Sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya, Presiden Nelson Mandela mengangkat Tuan Guru menjadi Pahlawan Nasional di Afrika Selatan.