Bangun kesiangan dan tak sempat menata peralatan untuk menyetrika baju. Atau sedang dalam perjalanan dinas ke luar kota, harus rapat tapi baju kusut? Apa yang harus dilakukan jika tidak ada alat (setrika) disaat darurat.

Tanpa disadari, hampir semua orang pasti pernah mengalami hal yang berhubungan dengan pakaian kusut dan tidak sempat strika. Jangan khawatir karena tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Anda bisa mensiasatinya dengan trik cerdas ‘merapikan baju’ meski tanpa setrikaan sekalipun. Bagaimana caranya? Yuk ikuti triknya..

Ada pepatah mengatakan, ‘tak ada rotan, akar pun jadi’  sepertinya tepat untuk menggambarkan situasi darurat tanpa setrikaan. Alat-alat dibawah ini bisa ‘menyelamatkan’ Anda dari pakaian kusut.

Catok Rambut

Licinkan kembali baju yang kusut menggunakan catok rambut. Caranya sama dengan saat Anda mencatok rambut kok. Pastikan suhu catok rambut tidak terlalu panas agar baju tidak gosong. Ratakan kesemua sisi agar tidak ada bekas kusut dan licin pada pakaian.

Matras Atau Kasur

Untuk menyetrika baju tanpa menggunakan panas, Anda dapat menggunakan cara ini: sebelum tidur, gelar baju di antara dua buah koran lalu letakkan di antara dua matras atau kasur.

Panci Besi

Panci besi dapat digunakan untuk menyetrika baju tanpa listrik. Yang perlu Anda siapkan adalah isilah panci besi dengan air panas. Sebelumnya cipratkan sedikit air ke permukaan baju dan gosokkan dasar panci ke baju selagi panas. Tapi ingat, Anda harus hati-hati dan jangan sampai air panas menumpahi pakaian atau tangan Anda.

Handuk Hangat

Rendam handuk ke dalam air panas lalu peras hingga tak ada air tersisa. Dengan tangan, gosokkan handuk ke permukaan baju yang kusut selama 10 menit.  Jangan lupa gantungkan baju, baru kemudian angin-anginkan supaya cepat kering.

Hair Dryer

Hilangkan garis kusut di baju dengan hair dryer.  Pertama basahi baju (cukup diciprati air saja) lalu keringkan menggunakan hair dryer dengan temperatur tinggi. Arahkan hair dryer  ke  bagian yang kusut, sambil dirapikan menggunakan tangan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69585

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3