KabariNews – AB 60 adalah Surat Izin Menge-mudi (SIM) untuk orang –orang yang tidak bisa membuktikan status legal di Amerika. Tahun lalu, Gov.  Jerry Brown menandatangani undang undang yang dipanggil AB 60 yang akan memungkinkan imigran ilegal untuk mendapatkan SIM mulai 1 Januari 2015.

Dinyatakan oleh CA Department of Motor Vehicles (DMV) yang diperkirakan bahwa sekitar 1.4 juta pengemudi tidak mempunyai lisensi atau asuransi mobil karena status mereka yang tidak legal.

Dengan adanya hukum baru ini, banyak imigran gelap yang akan mengajukan permohonan untuk mendapatkan SIM. Dengan adanya undang-undang ini, orang yang berstatus tidak legal yang berusia 16 tahun keatas boleh mendapatkan SIM kalau mereka bisa  menyelesaikan pendidikan dan pelatihan pengemudi dan juga lulus tes tertulis and tes pengemudi di CA DMV. Ini juga akan menciptakan pengemudi membuat situasi kendaraan dijalan lebih aman.

Kemudian pemohon juga dikehendaki dapat membawa bukti-bukti documen yang dapat membantu bahwa mereka adalah CA residensi and berverifikasi identitas mereka.

DMV masih dalam process memutuskan documen apa saja yang bisa diterima untuk membuktikan residensi dan identitas seorang  pemohon yang berstatus ilegal. Mereka menganjurkan pemohon untuk memulai kumpulkan dokumen sekarang yang mereka akan gunakan untuk membuktikan identitas dan tempat tinggal.

DMV telah menjadwalkan dua pembicaran umum pada tanggal 24 Juni 2014 di Los Angeles dan 26 Juni 2014 di Oakland untuk  memberikan kepada pihak yang berkepentingan kesempatan untuk memberikan laporan, baik lisan maupun tulisan dengan peraturan yang telah diusulkan.

Setelah mendengar pendapatan publik, pertimbangan komentar publik dan revisi yang diperlukan, DMV akan mengeluarkan regulasi terakhir untuk disetujui. AB 60 membutuhkan DMV untuk mulai mengeluarkan SIM sesuai dengan undang-undang, selambat lambatnya tanggal 1 Januari 2015. (Ditulis dan dikaji oleh Olivia Lee Kantor Pengacara Jason Y. Lie, Los Angeles, California)