Tidur malam yang nyenyak adalah salah satu kebiasaan tersehat yang dapat Anda tanamkan untuk hidup bebas penyakit dan bahagia. Tidur selama 7-8 jam setiap malam dapat mencegah banyak masalah kesehatan, terutama penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, depresi , demensia, penyakit Parkinson, dan radang sendi.

Tidak hanya membantu Anda fokus lebih baik di siang hari, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan suasana hati, tetapi juga dapat memperkuat kekebalan Anda. Banyak orang mengalami gangguan tidur seperti insomnia karena mereka tidak bisa mendapatkan tidur yang optimal tetapi sebagian besar masalah tidur disebabkan oleh kebersihan tidur yang tidak tepat.

“Jika Anda bangun sebelum jam 12 malam dan Anda dapat kembali tidur, ini berarti Anda kurang tidur atau jika Anda bangun di pagi hari dan tidak dapat berfungsi tanpa minum kopi atau teh, itu berarti Anda memerlukan lebih banyak tidur. ,” ujar Dr. Shirish M Hastak, Regional Director, Neurology, Stroke & Neurocritical Care, Global Hospital, Parel, Mumbai dalam laman hindustantimes.com dilansir KABARI 

Dr Hastak mencatat bahwa mengingat begitu banyak orang membutuhkan beberapa cangkir teh dan kopi sebelum jam 12 malam untuk melanjutkan hari, sangat mungkin banyak dari kita yang kurang tidur secara kronis. “Jika Anda bisa pergi tanpa secangkir teh sampai jam 12 malam, mungkin Anda tidak akan kekurangan tidur,” kata ahli saraf. Dia memperingatkan bahwa kurang tidur adalah masalah besar sekarang dan kami tidak menyadarinya.

“Kami hanya memaksakan diri untuk minum satu cangkir dan berikutnya,” katanya.

Apakah Anda memerlukan alarm untuk bangun di pagi hari atau Anda waspada dan bangun pada waktu yang tetap setiap hari? Dr Hastak mengatakan jika Anda memerlukan alarm untuk bangun, mungkin Anda kurang tidur.Dia selanjutnya menjelaskan apa yang terjadi pada tubuh dan pikiran kita ketika kita kurang tidur:

Membuat Anda sulit untuk fokus

Apakah Anda berjuang untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada dan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan untuk pekerjaan sepuluh menit? Anda mungkin kurang tidur dan belum menyadarinya. “Ketika Anda tidak bisa tidur, Anda menjadi lelah, mudah tersinggung dan sulit berkonsentrasi,” kata Dr Hastak.

Kurang tidur bisa berakibat fatal

Jika Anda tidak cukup tidur, Anda berisiko mengalami banyak masalah kesehatan kronis dan juga kematian. Sesuai beberapa penelitian pada hewan, kurang tidur yang berkepanjangan atau total dapat menyebabkan kematian

Aktivitas motorik menurun

Aktivitas motorik terkait dengan gerakan mata, meraih, melompat, menghindari rintangan, dll. Saat Anda tidak tidur, aktivitas motorik Anda turun dan memengaruhi fungsi harian Anda. Ini juga dapat menurunkan motivasi Anda untuk bekerja.

Halusinasi

Menurut WebMD, ketika tidak adanya tidur memisahkan Anda dari kenyataan, itu dapat muncul sebagai halusinasi atau pemikiran delusi. Itu terjadi karena kurang tidur yang parah atau berkepanjangan.

“Dari sudut pandang neuro, Anda dapat berhalusinasi jika kurang tidur. Halusinasi dapat berupa visual (melihat benda atau orang yang tidak ada) atau taktil (merasakan sentuhan seseorang pada tubuh, dll),” kata Dr Hastak.

Kejang

Kurang tidur bisa menjadi pemicu kejang pada orang yang sudah memiliki tumor atau kejang di otak. “Selain itu, sebagian besar masalah kejiwaan memiliki kaitan dengan kurang tidur. Orang dengan depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya tidak dapat tidur nyenyak dan ini dapat semakin memperburuk kesehatan mental mereka,” kata Dr Hastak.

Tapi apakah semua orang butuh tidur 7-8 jam?

Dr Hastak mengatakan tidak semua orang membutuhkan jumlah tidur yang sama. Sementara beberapa orang membutuhkan 5 jam tidur dan mereka dapat menjalani hari dengan baik, bagi sebagian orang bahkan 8 jam tidak cukup. Beberapa orang membutuhkan 4-5 jam tidur sementara yang lain membutuhkan 8 jam atau lebih.

Sumber foto: telegraph.co.uk

Baca Juga: