Lidah buaya dikenal sebagai salah satu cara terbaik untuk meredakan kita dari sengatan matahari. Dalam bentuk gel, zat lengket dan lengket ini terasa seperti balsem dingin di kulit Anda yang panas.

Tapi itu bukan satu-satunya kekuatan lidah buaya. “Lidah buaya adalah tanaman yang sederhana,” kata ahli diet terdaftar Beth Czerwony, RD, LD. “Kelihatannya tidak terlalu istimewa. Tapi sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat.”

Percaya atau tidak, meminum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman ini. Dan membuat jus lidah buaya adalah proses yang sangat sederhana.

Mulailah dengan memetik beberapa daun tanaman lidah buaya dewasa yang sehat. Anggap saja ini seperti bantal  hanya saja, daunnya adalah bantalan berisi gel. Selanjutnya, potong daunnya dengan hati-hati. Ekstrak gel yang dilihat dan campur dengan air. Dan snda sekarang memiliki jus lidah buaya yang enak untuk diminum.

Mungkin sulit dipercaya bahwa minuman sederhana ini menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan. Namun Czerwony mencatat bahwa kesederhanaannya merupakan nilai tambah. Berbeda dengan losion berbahan dasar lidah buaya, efek jus lidah buaya tidak diencerkan dengan bahan kimia, pewangi, atau zat lain.

“Jus lidah buaya sendiri jauh lebih manjur,” katanya. “Jika kita melihat khasiatnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari jus dibandingkan jika Anda menggunakannya sebagai obat topikal.”

1. Manfaat jus lidah buaya

Jus lidah buaya pertama dan terpenting mengandung antioksidan, atau zat yang membantu mengurangi kemungkinan terkena kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun jus lidah buaya menawarkan manfaat lebih dari sekedar pencegahan.

2. Pilihan rendah kalori dan rendah gula

Jus biasa tidak selalu sehat. Sebagai permulaan, tidak semuanya memiliki persentase buah asli yang tinggi. Banyak juga yang menambahkan gula. Namun, jus lidah buaya adalah pilihan yang sehat. Czerwony mengatakan porsi delapan ons tidak tinggi protein, lemak atau karbohidrat, namun hanya memiliki delapan kalori dan rendah gula. “Ini cukup netral,” kata Czerwony. “Anda bisa meminumnya sendiri, atau memasukkannya ke dalam smoothies Anda.”

3. Membantu membersihkan kulit

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi jerawat sering kali muncul karena dehidrasi. Akibatnya, kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga memicu munculnya jerawat. “Jika minum jus lidah buaya, Anda akan terhidrasi ,” kata Czerwony. “Itu akan memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda, sehingga kecil kemungkinan Anda terkena jerawat.”

4. Meredakan sembelit

Jika mengalami sembelit , kabar baik. Tekstur jus lidah buaya dapat mempengaruhi konsistensi kotoran Anda, khususnya membuatnya lebih lembut.

5. Mengurangi mulas

Sakit maag terjadi ketika asam di perut naik ke kerongkongan. Hasil penelitian kecil pada tahun 2015 menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat meredakan sebagian asam di perut yang menyebabkan mulas.

6. Menjaga kesehatan mata

Jus lidah buaya kaya akan beta karoten, antioksidan yang biasanya ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan berwarna oranye dan kuning. Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, vitamin yang terkait dengan kesehatan mata secara keseluruhan.

7. Tingkatkan asupan vitamin dan mineral tertentu

Jus lidah buaya mengandung vitamin C – vitamin serbaguna yang membantu fungsi kekebalan tubuh, misalnya – serta kalsium dan magnesium. “Banyak orang yang mengalami nyeri otot seringkali kekurangan kalsium dan magnesium,” kata Czerwony. “Minum jus lidah buaya dapat menggantikannya jika pola makan Anda rendah.”

Berapa banyak jus lidah buaya yang harus Anda minum?

Seperti halnya makanan lezat apa pun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Czerwony mengatakan secangkir jus lidah buaya sehari adalah batas yang baik. “Minum lebih banyak belum tentu memberi Anda lebih banyak manfaat,” katanya.

Dia juga merekomendasikan untuk meminum sedikit jus lidah buaya pada awalnya untuk melihat bagaimana tubuh menoleransinya. “Setiap kali ada perubahan mendadak dalam pola makan Anda, tubuh Anda akan berkata, ‘Apa yang terjadi?’” kata Czerwony.

Setelah memutuskan untuk mulai minum jus lidah buaya, Anda juga harus memutuskan mengapa mengambil langkah tersebut. “Apa hasil akhir yang Anda harapkan? Beberapa orang ingin menjadi sehat, tapi apa maksudnya?” tanya Czerwony. “Beberapa orang berkata, ‘Hei, ini penuh dengan antioksidan. Ia memiliki vitamin C, vitamin A, beta karoten dan segala macam hal baik. Saya ingin itu dalam diet saya.’ Oke, itu masuk akal.”

Bisakah Anda minum jus lidah buaya setiap hari?

Czerwony mengatakan jus lidah buaya aman diminum setiap hari. Tapi meminumnya terlalu banyak bisa menyebabkan kram atau diare. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. “Jika memiliki beberapa gejala gastrointestinal tersebut, Anda mungkin harus minum jus lidah buaya dua hari sekali, atau setiap hari ketiga,” katanya.

Jika memasukkan jus lidah buaya ke dalam makanan Anda, ada baiknya Anda memeriksa diri sendiri. “Jika Anda meminumnya setiap hari selama berminggu-minggu, dan Anda tidak melihat manfaat apa pun, jangan lakukan itu,” kata Czerwony. “Jangan memasukkan sesuatu yang berlebihan ke dalam tubuh jika itu tidak bermanfaat.”

Sumber foto: health.clevelandclinic.org

Baca juga: