KabariNews – Beradaptasi dengan hal yang baru bukanlah hal yang mudah. Beradaptasi dengan adat budaya dan bahasa membutuhkan waktu, kesabaran dan keberanian. Culture shock, orang bilang, dapat dialami oleh kita yang berpindah jauh ke negeri seberang. Berpindah ke lain kota di Indonesia saja sudah berbeda adat budaya dan bahasa, apalagi berbeda negara dan tidak serumpun Asia. Kita bagaikan memulai hidup baru, belum lagi digayuti rasa rindu kepada keluarga dan teman-teman. Agar lebih semangat bermukim di negara baru, kuatkan mental dengan cara berikut:

Mencari teman baru

image1Pasti, yang pertama ada dalam pikiran kita adalah apakah kita bisa bertemu dengan sesama orang Indonesia. Mencari informasi tentang orang-orang Indonesia yang tinggal di sekitar kita dapat dilakukan sebelum pindah. Misalnya, bertanya kepada teman-teman yang barangkali memiliki sahabat, saudara atau keluarga yang hidup senegara baru itu. Atau, dengan mencari lewat sosial media. Setelah pindah, sosial media bisa diandalkan terus. Kedutaan atau konsulat Indonesia merupakan satu alternatif untuk mencari informasi dan teman baru. Coba mencari tempat ibadah seperti gereja Indonesia atau Masjid. Di banyak kota di berbagai negara bagian memiliki tempat ibadah serta perkumpulan orang-orang Indonesia.

Menekuni dan mencari hobi

Agar memiliki kegiatan dan tidak merasa kesepian, tekuni hobi lama atau mencari hobi baru. Misalnya Anda hobi melukis, masuklah ke kelas atau kursus melukis. Selain dapat mengembangkan hobi, juga dapat menambah teman-teman baru yang gemar melukis. Kita juga dapat menekuni hobi berkebun untuk memenuhi halaman rumah dengan pot-pot bunga dan buah setempat. Berkreasilah denga pot-pot bunga, misalnya mengecat dan melukisnya dengan cat minyak agar kediaman Anda bertambah cantik. Tanpa terasa, waktu Anda akan terisi dengan kegiatan yang mengasyikkan.

Belajar memasak

image2Rindu pada jajanan dan makanan Indonesia? Sudah pasti ya! Berbahagialah bagi yang pindah ke kota yang memiliki restoran Indonesia. Tapi, masak jajan terus? Berabe juga untuk kesehatan kantung, bukan? Bagaimana kalau memasak sendiri di rumah. Coba praktikkan resep yang sederhana dengan bumbu-bumbu yang ada. Tentunya, karena tidak semua bumbu dan rempah Indonesia bisa ditemukan, carilah bumbu-bumbu padanannya. Tapi sebelumnya, Anda bisa berburu bumbu rempah maupun instan di Asian Market terdekat atau pesan secara online. Jangan patah semangat ya.

Mengenal transportasi umum dan berkendara

image3Transportasi tidak semudah di Indonesia. Bagi yang tidak bisa menyetir, lalu mengandalkan naik taksi, tidak murah. Transportasi bis dan kereta tergantung jadual dan rute. Karena itulah, kita harus menghapal rute dan jadual transportasi terdekat atau yang lewat tempat tinggal kita. Beruntung bagi yang pindah di tengah kota, karena transportasi umumnya yang memadai. Namun, bagi yang pindah di daerah pinggiran, bagaimana?

Tidak ada ojek pula. Tidak mungkin juga mengandalkan suami atau seseorang untuk mengantar-jemput kita jika ingin jalan-jalan. Salah satu jalan keluar adalah belajar menyetir dengan kondisi di negara baru tersebut. Dengan kendaraan pribadi akan bebas ke mana saja tanpa tergantung orang lain atau transportasi umum.

Masuk kelompok berteman multietnis

Masuk ke grup atau kelas yang berisi teman-teman dari berbagai negara merupakan satu hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Bermanfaat untuk membangkitkan rasa percaya diri kita pula. Berbagi pegalaman sebagai sesama pendatang, lalu belajar bersama mengenal negara baru yang kita tinggali sungguh meringkankan beban psikis kita.

Datanglah ke perpustakaan di daerah kita. Di sana akan kita dapati banyak informasi tentang kelas atau acara-acara yang melibatkan mereka dari berbagai negara. Meski bahasa Inggris kita sudah tak diragukan lagi, tapi cobalah datang ke English Conversation Club. Di sana kita dapat berkenalan dengan teman-teman yang belajar mengenal hal-hal baru seperti bahasa dan adat budaya. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75234

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1