KabariNews – Airbus, produsen pesawat terbang asal Eropa, memutuskan untuk membangun pabrik di Alabama, Amerika Serikat. Di sana mereka akan memproduksi Airbus seri A320. Untuk membangun pabrik itu, Airbus akan berinvestasi senilai US$ 600 juta.

Rencana untuk membangun pabrik di AS itu dilakukan untuk memperkuat daya saing mereka dengan Boeing, produsen pesawat asal AS yang berbasis di Seattle. Airbus bertekad untuk mematahkan dominasi Boeing di pasar pesawat AS.

Dengan menghadirkan pabrik baru itu, Airbus setidaknya akan membutuhkan 1.000 tenaga kerja. Jika tak ada hambatan, Airbus memprediksi bisa mengoperasikan pabrik mulai tahun 2015 mendatang. Pabrik diharapkan bisa membangun 50 unit pesawat A320 tahun 2018. “Itu waktu yang tepat bagi Airbus berkembang di AS,” kata Fabrice Bregier, President dan CEO Airbus.

Keinginan Airbus bangun pabrik di pasar AS cukup beralasan. Bregier mengatakan bahwa AS merupakan pasar pesawat terbesar di dunia yang akan membutuhkan sekitar 4.600 pesawat sampai 20 tahun ke depan. “Dengan pabrik di AS, maka kami akan lebih dekat dengan konsumen,” terang Bregier.

Selain memproduksi pesawat seri A320, pabrik di AS itu ditargetkan bisa membangun pesawat penumpang seri lainnya termasuk A319 dan A321.

Perlu diketahui, pabrik Airbus di Alabama tersebut adalah pabrik kedua Airbus di luar Eropa untuk A320. Saat ini, Airbus memproduksi 37 pesawat per bulan dari pabriknya yang ada di Prancis dan Jerman serta China. Pada akhir tahun ini, pihaknya menargetkan bisa memproduksi sampai 38 armada.