Memiliki lebih banyak energi, menjadi produktif, dan mengurangi stres. Hal ini mungkin berat dalam kenyataan, namun bagaimana jika mengatur ulang ruang di sekitar Anda dapat membantu?

Menurut prinsip-prinsip yang mengatur feng shui, praktik penyelarasan ruang China kuno, meremajakan hidup Anda mungkin sesederhana memindahkan barang-barang.

Apakah merasa lebih stres atau cemas ketika rumah berantakan? Berdasarkan filosofi feng shui , hal ini karena ada hubungan langsung antara ruang dan perasaan saat berada di dalamnya.

“Ada konsep China bahwa segala sesuatu dipenuhi dengan chi, atau energi, dan chi menyebar ke seluruh ruang,” kata RD Chin, arsitek feng shui di New York City.

Pertama dan terpenting, Chin merekomendasikan untuk membuka ruang untuk mendorong chi memenuhi rumah dengan cara yang paling mendukung Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan apa yang membuat Anda merasa baik atau buruk saat berada di ruangan.

“Saya pikir feng shui lebih merupakan filosofi universal manusia, dan orang China menciptakan kata-kata untuk itu,” jelas Chin. “Kita semua punya ruang. Kami punya ruang kamar tidur, kantor, apartemen, New York City, di mana pun kami tinggal itu memengaruhi kami.”

Anjuran dan Larangan dalam Feng Shui

Saat menggunakan feng shui untuk merancang ruang hidup dan kerja dengan sengaja, Anda dapat meningkatkan energi dan pola pikir Anda, serta menumbuhkan lebih banyak kedamaian.

“Feng shui adalah cara memandang ruang di ruma dan merefleksikan tata letak dan hubungan Anda dengan rumah untuk menciptakan lingkungan yang lebih mendukung,” kata Anjie Cho , pendidik feng shui di New York City. “Cara Anda berinvestasi pada rumah mewakili cara Anda berinvestasi pada diri sendiri.”

Berikut adalah beberapa prinsip feng shui untuk membantu Anda memulai.

Bersihkan Kekacauan

Terkadang memiliki terlalu banyak benda di suatu ruangan dapat mengacaukan pikiran dan menimbulkan perasaan kewalahan karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Membersihkan ruang atau mengaturnya dapat membantu mengurangi perasaan stres dan meningkatkan aliran energi positif.

“Aliran energi adalah tentang kemudahan berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Rasanya menyenangkan,” kata Chin. “Anda tentu tidak ingin tersandung pakaian atau barang-barang Anda saat masuk ke kamar.”

Mengembalikan barang-barang ke tempatnya mungkin membantu Anda mengurangi beban fisik dan mental, sehingga Anda tidak terlalu khawatir tentang hal-hal yang harus dilakukan selanjutnya.

Jangan Campurkan Rumah dan Lingkungan Kerja

Idealnya, perasaan Anda di rumah (saat istirahat) adalah kebalikan dari perasaan Anda di tempat kerja (dalam mode bepergian). Dalam feng shui, penting untuk memperhatikan energi-energi yang berbeda ini dan merancang ruangan sesuai dengan itu. Chin menghubungkan nuansa energik ini dengan prinsip yin dan yang Tiongkok.

“Energi rumah Anda menurut saya lebih bersifat yin – jauh lebih tenang. Di sinilah Anda ingin bersantai dan melepaskan hal-hal yang Anda lakukan sepanjang hari,” kata Chin. “Kantor memiliki lebih banyak energi Yang , banyak aktivitas yang dilakukan. Anda memiliki komputer, rapat, dan banyak jalan-jalan.”

Jika Anda bekerja dari rumah, cobalah untuk memisahkan ruang tempat Anda bekerja dan bersantai, sehingga dapat benar-benar melepas penat dan memulihkan tenaga ketika tiba waktunya untuk bersantai.

Hormatilah Posisi

Prinsip posisi komando mengatur tempat ideal di mana meja, tempat tidur, dan kompor Anda harus diletakkan di dalam sebuah ruangan.

“Anda ingin melihat pintu tanpa harus sejajar dengannya. Ini biasanya berarti bersikap diagonal dari pintu,” kata Cho.
Menurut Chin, kepercayaan ini berasal dari zaman kuno, ketika membelakangi pintu dianggap berbahaya. Chin merekomendasikan untuk bekerja dalam posisi memerintah di mana Anda dapat mengamati apa yang terjadi di depan Anda.

“Temukan meja di mana Anda dapat melihat segala sesuatu di depa dan tidak terlalu banyak orang yang datang dari belakang. Ketika Anda berada dalam posisi di mana Anda dapat melihat segalanya, Anda merasa lebih terkendali,” jelasnya.

Tentu saja, terkadang tidak mungkin mengatur ruangan Anda dengan cara ini. Dalam acara tersebut, Anda bisa memasang cermin agar bisa melihat pantulan pintu, tambah Cho.

Tunjukkan Cinta pada Bagian Tengah Ruangan

Feng shui menempatkan kesejahteraan sebagai pusat kehidupan. Karena itu, Cho merekomendasikan untuk memberi perhatian pada bagian tengah kamar tidur.

“Bagian tengah kamar tidur Anda mewakili kesehatan Anda,” kata Cho. Anda dapat menggantung bola kristal feng shui (bola kaca kecil dengan tali merah) dari langit-langit di tengah kamar tidur untuk meningkatkan kesehatan Anda, sesuai prinsip feng shui.

7 Tip Feng Shui untuk Pemula

Berikut adalah tip yang lebih direkomendasikan para ahli untuk menerapkan feng shui di rumah Anda.

Manfaatkan Cahaya Alami

Cahaya alami memberikan manfaat kesehatan yang terukur, seperti meningkatkan kadar vitamin D, mengurangi depresi musiman , dan meningkatkan kualitas tidur. Selain manfaatnya bagi kesehatan dan meningkatkan suasana hati, cahaya merupakan komponen penting feng shui karena dianggap sebagai sumber energi. Karena feng shui adalah tentang aliran chi, semakin banyak cahaya alami, semakin baik. Jadi bukalah jendela itu, biarkan cahaya masuk, dan biarkan energi itu mengalir.

Bawa Alam ke Dalam Ruangan

Menurut Chin, menghadirkan alam ke dalam adalah prinsip dasar feng shui. Faktanya, “feng” diterjemahkan menjadi “angin” dan “shui” diterjemahkan menjadi “air.” Oleh karena itu, feng shui berupaya menciptakan perasaan alam yang menenangkan, dan menempatkan tanaman di dalam ruangan adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya.

Dalam penelitian yang dilakukan selama pandemi COVID-19 , orang-orang yang memiliki akses terhadap ruang hijau atau pemandangan alam memiliki tingkat harga diri dan kebahagiaan yang lebih tinggi, serta lebih sedikit depresi, kecemasan, dan kesepian dibandingkan dengan mereka yang lebih terisolasi dan jauh dari alam.

Jika Anda memiliki ruangan kosong, coba tambahkan tanaman untuk menghadirkan energi yang membumi ke dalam ruangan Anda.

Jadikan Kamar Tidur Anda Tempat Perlindungan

Kamar tidur idealnya memiliki energi yang memulihkan dan menjadi tempat favorit Anda untuk pergi di penghujung hari yang panjang. Chin merekomendasikan penggunaan praktik seperti spa di kamar tidur, seperti pencahayaan lembut, aromaterapi, tanaman, lampu garam, dan mesin kebisingan.

“Ciptakan lingkungan yang sangat damai atau ciptakan lingkungan yang benar-benar memupuk jiwa,” jelasnya.
Hapus cermin. Dalam feng shui, cermin besar dianggap menghasilkan terlalu banyak energi dan mencegah tidur nyenyak di kamar tidur, kata Chin.

Rapikan bagian bawah tempat tidur. Jika Anda harus menyimpan sesuatu di bawah tempat tidur, simpanlah di dekat barang-barang yang berhubungan dengan tidur seperti bantal atau selimut, kata Cho.

Hapus perangkat elektronik. Cobalah yang terbaik untuk menjauhkan perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop dari kamar tidur. Menggunakan perangkat elektronik yang memancarkan cahaya biru sebelum tidur dapat membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Jaga Pintu Depan Anda

“Pintu depan Anda mewakili wajah Anda di mata dunia,” kata Cho. Rekomendasinya? Bersihkan itu. Benar: Bersihkan bagian luar pintu depan Anda. Itu juga harus tetap rapi, dan nomor rumahnya harus terlihat dan mudah ditemukan.

“Jika pengantar barang tidak dapat menemukan pintu Anda, chi akan kesulitan menemukannya. Tujuannya adalah untuk membuka energi di depan pintu Anda,” katanya.

Pintunya juga harus terbuka penuh agar orang bisa masuk tanpa hambatan, jadi pastikan tidak ada benda asing sudah disingkirkan.

Gunakan Kompor Anda Secara Teratur

Feng shui bukan hanya tentang mendesain tempat Anda tidur, bersantai, atau bekerja. Ini tentang setiap ruangan di rumah Anda, termasuk dapur Anda.

“Kompor Anda mewakili kekayaan dan sumber daya Anda. Seberapa baik Anda bisa memasak untuk diri sendiri berhubungan langsung dengan kinerja Anda di dunia ini,” kata Cho. Sekalipun Anda tidak memasak, pastikan kompor Anda berfungsi, dan jika tidak, perbaikilah.

Cho juga menyarankan untuk menggunakan kompor sekali sehari untuk mengaktifkan energi api di rumah Anda. “Saat Anda memasak makanan, Anda mengubah satu hal menjadi sesuatu yang lain. Apilah yang menciptakan transformasi ini,” katanya.

Terakhir, periksa lemari es dan dapur Anda untuk melihat apa saja yang perlu dibuang, seperti bumbu kadaluwarsa atau barang yang tidak tersentuh ke dalam freezer. “Jika Anda memiliki makanan yang sudah tua, kadaluarsa, atau rusak, itu mewakili apa yang Anda simpan di dalam tubuh Anda,” kata Cho.

Ciptakan Ruang yang Tenang

“Ciptakan waktu tenang untuk diri sendiri, bahkan selama 5 hingga 10 menit atau apa pun yang dapat Anda lakukan. Kalau bisa, cobalah berada di alam bebas, dan jangan nyalakan ponsel,” kata Chin.

Tempat yang tenang untuk diri Anda sendiri bisa berada di mana saja: di sebuah ruangan di rumah Anda, di lingkungan, di suatu tempat di alam terbuka, atau di mana pun Anda merasa bisa bernapas dengan penuh kesadaran.

“Kami hanya mencoba untuk menyeimbangkan diri kami di tengah semua hal yang ada di sekitar kami,” katanya. “Itulah yang dimaksud dengan feng shui: Ini adalah tindakan penyeimbangan.”

Sumber foto: Mark / Pexels.com

Baca Juga: