Wiraswasta adalah orang-orang yang sering jatuh dari celah jaring pengaman sosial. Tetapi sekarang ada program-program bantuan yang bertujuan membantu pekerja dan perusahaan melalui wabah coronavirus dan menjadi solusi jangka pendek.

Para pekerja lepas, mitra mandiri dan pekerja harian adalah beberapa dari jutaan orang Amerika yang kehilangan pekerjaannya gara-gara lesunya ekonomi akibat coronavirus. Maka dari itu, muncul beberapa bantuan yang baru dan lebih luas yang menawarkan solusi.

Di bawah ini adalah beberapa bagian dari dua paket perundangan darurat yang disahkan beberapa minggu terakhir. Selain itu, juga beberapa perubahan peraturan menyangkut para wiraswasta.

Cuti sakit dan cuti keluarga berbayar

Tidak sepenuhnya sama dengan cuti sakit biasa, tetapi bagi para wiraswasta, ada yang sebanding yaitu kredit pajak (tax credit) yang dapat mengurangi beban pajak Anda atau bahkan dapat refund.

Kredit ini tersedia untuk periode 1 April sampai akhir tahun dan harus diklaim di SPT pajak penghasilan (income tax return) untuk 2020. Tetapi kredit ini dapat dipakai untuk membantu aliran dana tunai Anda sebelum itu (dengan asumsi penghasilan Anda belum sepenuhnya habis). Anda dapat menghitung potongan pembayaran pajak triwulanan (quarterly tax payments) Anda diambil dari total dalam dolar dari cuti yang Anda ambil.

Anda dapat mengajukan klaim kredit ini sampai dengan total 10 hari cuti sakit dan Anda tidak perlu didiagnosis coronavirus (bahkan tidak perlu sakit) untuk mendapatkannya. Kredit ini berlaku jika Anda telah diperintahkan untuk tinggal di rumah oleh pemerintah lokal, state ataupun federal atau jika pihak penyedia layanan kesehatan menyarankan agar Anda mengisolasi diri.

Untuk menghitung kredit Anda, Anda musti menentukan pemasukan harian rata-rata Anda. Ambil pendapatan bersih Anda (pendapatan setelah biaya-biaya) dan bagi angka itu dengan 260. Kemudian, kalikan hasilnya (atau $511, yang mana yang terkecil) dengan jumlah hari cuti sakit.

Kredit cuti sakit yang jumlahnya lebih kecil juga tersedia jika Anda tidak dapat bekerja karena Anda mengurus orang lain. Kredit ini menanggung 67% dari pendapatan harian Anda, sampai dengan $200 per hari. Kredit ini menanggung mereka yang mengurus seseorang yang telah disarankan untuk mengisolasi diri atau seseorang yang harus tunduk pada perintah isolasi untuk umum. Kredit ini juga tersedia untuk para pekerja yang mengurus anak yang sekolahnya ditutup atau anak yang jasa perawatannya tidak lagi tersedia oleh karena virus corona.

Tidak sekedar kredit cuti sakit, para wiraswasta juga bisa mengambil cuti berbayar untuk mengurus anak mereka apabila sekolahnya ditutup atau apabila jasa perawatan anak tidak tersedia gara-gara wabah corona. Sama dengan cuti sakit berbayar, besaran tanggungannya adalah 67% dari penghasilan harian rata-rata Anda, maksimal $200 per hari. Cuti pengurusan anak dapat diambil sebanyak-banyaknya 50 hari.

Jatah 10 hari cuti sakit dapat dipakai untuk lebih banyak alasan, sedangkan cuti keluarga lebih terbatas, menurut pedoman dari Departemen Tenaga Kerja (Department of Labor), dan sebaiknya lebih bijak digunakan.

Asuransi pengangguran

Salah satu respons pemerintah federal terhadap pandemi corona adalah diperluasnya tunjangan pengangguran bahkan untuk wiraswasta yang biasanya tidak berhak mendapatkannya.

Ada alokasi dana tambahan untuk para wiraswasta dengan nama program bantuan pengangguran pandemik (pandemic unemployment assistance program), yang akan dilaksanakan melalui pemerintah negara bagian. Program ini menanggung kehilangan pendapatan terkait coronavirus, dari mengurus anak yang sekolahnya ditutup sampai usaha yang terpaksa tutup.

(Lebih baik mengambil kredit cuti perawatan anak ataukah tunjangan pengangguran untuk mengurus anak Anda? Semuanya tergantung situasi dan kondisi Anda. Perwakilan dari Departemen Tenaga Kerja mengatakan sedang memastikan aturan-aturannya.)

Para wiraswasta hendaknya mengajukan tunjangan-tunjangan ini melalui program pengangguran (unemployment program) di state di mana mereka bekerja, meskipun mungkin tidak akan mudah. Beberapa state mulai memodifikasi sistem mereka dan melatih ulang staf mereka untuk mengakomodasi para wiraswasta yang kini memenuhi syarat dalam program ini.

Agar wiraswasta memenuhi syarat mendapatkan tunjangan pandemi, pertama-tama state harus memastikan bahwa mereka tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan biasa. Tiap-tiap state akan memiliki proses tersendiri yang musti diikuti oleh para pengaju tunjangan. Misalnya, di New York, para wiraswasta tidak diperbolehkan mengajukan tunjangan pengangguran akibat pandemi sebelum mereka mendaftar tunjangan pengangguran biasa dan ditolak, demikian menurut juru bicara State Department of Labor New York.

Setelah pengajuan Anda berhasil, jumlah yang akan Anda terima tergantung pada state Anda. Tetapi di dalam program pandemi ini akan ada minimum tunjangan yang setara dengan satu setengah dari nilai asuransi pengangguran mingguan rata-rata di state tersebut. Atau besarannya sekitar $190 per minggu secara rata-rata nasional, menurut National Employment Law Project.

Semua pekerja yang menerima tunjangan pengangguran (termasuk para wiraswasta) juga memenuhi syarat mengajukan bantuan tambahan sebesar $600 per minggu yang ditawarkan oleh pemerintah federal sampai akhir Juli. (Bahkan jika Anda memenuhi syarat mengajukan $1 dari tunjangan akan membuat Anda menerima $600 penuh asalkan Anda tetap memenuhi syarat).

Durasi dari tunjangan Anda juga bervariasi tergantung state Anda. Kebanyakan state mengajukan 26 minggu, tetapi ada yang menawarkan lebih rendah. Menurut rencana undang-undang bantuan ekonomi kedua (second economic relief bill), kebanyakan pekerja biasa pada umumnya dapat mengajukan tunjangan selama 13 minggu tambahan setelah tunjangan tingkat state mereka habis. Sedangkan untuk wiraswasta, tunjangan program pandemi ini dapat mereka terima selama sebanyak-banyaknya 39 minggu, agar menyesuaikan besaran yang diterima oleh pekerja biasa, demikian menurut petugas senior di Labor Department. Apabila state memasuki sebuah periode dengan tingkat pengangguran tinggi, para wiraswasta dapat menerima hingga tujuh minggu tambahan (istilahnya, extended benefits).

Para pekerja yang memenuhi syarat dapat menerima tunjangan yang berlaku retroaktif (berlaku sejak periode di masa lampau) sejak 27 Januari. Program ini akan berlangsung hingga 31 Desember kecuali diperpanjang.

Beberapa pekerja lepas seperti pengemudi Lyft atau Uber dapat memenuhi syarat mengajukan tunjangan pengangguran biasa di beberapa tempat, karena pengertian ketenagakerjaan yang luas menurut undang-undang state, demikian menurut National Employment Law Project. Tetapi, seringkali para pekerja lepas ini menemui kesulitan untuk melakukan klaim tunjangan biasa dan bahkan bisa butuh berbulan-bulan. Hal ini berpotensi memperlambat proses pendaftaran atau bahkan membuat beberapa pekerja sama sekali tidak bisa mengajukan. (Ingat, untuk dapat memenuhi syarat mengajukan tunjangan pandemi, pekerja harus terlebih dahulu tidak memenuhi syarat mengajukan tunjangan pengangguran biasa.) Namun, di beberapa state yang telah mengesahkan pembebasan formal untuk pengemudi Uber atau pekerja semacamnya, dana pandemi ini dimaksudkan untuk berfungsi sebagai penghalang.

Para pekerja ilegal tidak akan memenuhi syarat mengajukan tunjangan pengangguran. Pekerja harus memiliki izin bekerja agar dapat memenuhi syarat program pandemi ini, menurut National Employment Law Project.

Pajak

Beberapa peraturan perpajakan telah dilonggarkan, dan hal ini akan membantu keuangan para wiraswasta.

Mayoritas perusahaan berbagi biaya pajak upah (yang dibayarkan untuk Social Security dan Medicaid) dengan pekerja. Namun, para wiraswasta yang menghasilkan keuntungan bersih lebih dari $400 per tahun pada umumnya harus membayar sendiri jumlah keseluruhannya. Pajak-pajak wiraswasta (self-employment taxes) ini pada umumnya setara dengan 15% dari pendapatan seorang wiraswasta. 12.4% dari jumlah tersebut (berlaku untuk $137,700 pertama dari upah untuk tahun 2020) dibayarkan untuk Social Security.

Tetapi adanya peraturan-peraturan baru telah memperbolehkan para wiraswasta membayar hanya setengah Social Security. Mereka boleh membayarnya dengan dua kali cicilan. Cicilan pertama pada akhir 2021 dan sisanya pada akhir 2022.

Beberapa orang tidak akan memenuhi syarat. Jika Anda menerima pinjaman usaha kecil untuk menanggung biaya-biaya upah yang dihapuskan sebagai bagian dari peraturan baru, Anda tidak akan bisa menangguhkan pembayaran pajak.

Ada satu lagi yang diundurkan. Biasanya, para wiraswasta perlu membuat hitungan pembayaran pajak penghasilan triwulanan, tetapi tenggat waktu untuk triwulan pertama telah diundur dari 15 April menjadi 15 Juli.

Berikutnya, ada perubahan peraturan pajak. Peraturan baru ini mengizinkan wajib pajak perorangan dan juga perusahaan yang merugi tahun ini (atau yang merugi dari 2018 atau 2019) untuk memakai kerugian untuk mengimbangi pendapatan selama lima tahun terakhir, demikian menurut para ahli hukum di Akin Gump, sebuah firma hukum. Sebelumnya, ini pernah diberlakukan tetapi dicabut pada tahun 2017.

Asuransi kesehatan

Para wiraswasta yang tidak lagi dapat membayar polis-polis yang telah mereka miliki atau mereka yang ingin membeli pertanggungan baru sekarang memiliki beberapa opsi tambahan.

Sebelas state dan District of Columbia telah menetapkan periode pendaftaran khusus agar orang dapat mendapatkan pertanggungan asuransi baru yang termasuk dalam Affordable Care Act. Tetapi pemerintahan Trump baru-baru ini memutuskan tidak akan membuka kembali marketplace-marketplace federal Healthcare.gov untuk pelanggan baru. Marketplace-marketplace tersebut dipakai di 38 state.

Jika penghasilan Anda telah menurun hingga hampir nol, kemungkinan besar Anda berhak mengikuti program asuransi kesehatan federal-state yang bernama Medicaid di 36 negara dan District of Columbia. Berkat Affordable Care Act, kebanyakan state sekarang memperbolehkan semua penduduk untuk mengajukan Medicaid apabila penghasilan bulanan rumah tangga mereka di bawah batas tertentu (sekitar $1,400 per bulan untuk satu orang atau $2,950 untuk keluarga berisi empat orang). Perhitungan ini termasuk tunjangan-tunjangan pengangguran apapun yang Anda terima, tetapi tidak mancakup $600 tambahan per minggu yang dibayarkan untuk sementara waktu dan tidak termasuk bantuan langsung tunai yang disahkan dalam undang-undang bantuan yang baru.

Jika penghasilan Anda terlalu tinggi dan jika Anda tinggal di state di mana marketplace tetap terbuka, Anda mungkin berhak mendapatkan rencana baru dengan subsidi yang cukup besar. Dan jika Anda telah memiliki sebuah rencana marketplace tetapi penghasilan Anda telah menurun, Anda dapat kembali ke sistem (bahkan di luar periode pendaftaran pun) dan Anda dapat menyesuaikan penghasilan Anda, sehingga Anda berkesempatan mendapatkan subsidi lebih besar.