KabariNews – 17 Agustus merupakan hari yang spesial, tak hanya untuk bangsa Indonesia saja, melainkan juga oleh band asal Inggris, Arkarna. Menyambut ulang tahun Republik Indonesia yang ke-70, grup musik yang digawangi oleh Ollie Jacobs, Matt Hart, Tim Owen David Landers ini merilis lagu berbahasa Indonesia, “Kebyar-Kebyar”.

Unik! Pasalnya jarang-jarang ada musisi internasional membawakan lagu patriotik berbahasa Indonesia seperti yang Arkarna lakukan. Ollie Jacobs kepada KABARI mengatakan beberapa waku lalu di Jakarta, Arkarna memiliki hubungan khusus dengan Indonesia. “Semenjak Arkarna mengeluarkan So Little Time tahun 1997. Indonesia mendapat tempat di hati kami semua dan juga kami memiliki fans yang loyal di Indonesia dan diundang dalam berbagai festival, sampai akhirnya kami juga diundang untuk tampil di acara inaugurasi Presiden (Joko Widodo) dan mengaransemen lagu “Kebyar-Kebyar” kata Ollie.

Tentu, bagi sang vokalis menyanyikan lagu Indonesia merupakan suatu tantangan tersendiri. Dengan lafal yang benar lagu berlirik bahasa Indonesia bukanlah hal mudah. “Saya tidak bisa berbahasa Indonesia, kesulitannya lebih ke pronouncing. Saya berusaha sebaik mungkin dengan mendengar lagu terserbut berulang-ulang. Butuh satu bulan untuk menghafal syair “Kebyar-Kebyar Untuk vokalnya sendiri dilakukan selama tiga minggu. It’s really hard,” kata Ollie.

Ollie Jacobs bersama rekannya

Ollie Jacobs bersama rekannya

Ollie menambahkan, Gombloh yang adalah pencipta lagu itu merupakan seorang legenda musik Indonesia, ketika kami tampil di acara inaugurasi presiden, kami ingin menyanyikan lagu Indonesia. Ketika kami memilih lagu untuk dinyanyikan, kami mendengar lagu ini saat sangat athemik, kuat dan kami merasa ini lah lagu yang akan kami nyanyikan”

Walau Arkarna menyanyikan ulang “Kebyar-Kebyar “dengan Bahasa Indonesia, diiringi gamelan, dan paduan suara namun tidak meninggalkan karakter mereka sebagai band rock. “Ini merupakan pengalaman istimewa, saat kami merekam video “Kebyar-kebyar” dan mengunjungi sekolah-sekolah di Jakarta. Anak-anak itu bernyanyi bersama lagu ini, dan saat mereka sudah dewasa dan melihat video tersebut, itu adalah pengalaman yang luar biasa dimana kami juga masuk dalam pengalaman tersebut” tuturnya

Adakah keinginan untuk mengaransemen lagu selain “Kebyar-Kebyar”, Ollie mengatakan lagu- “Kebyar-Kebyar” sangat sulit untuk dinyanyikan. “Mungkin akan melakukan lagi tapi nanti saja kita lihat kedepan, mungkin juga akan melakukan koloborasi dengan musisi Indonesia karena musisi Indonesia banyak yang sangat berbakat” kata Ollie.

Untuk kedepannya, Arkarna hanya akan berfokus dengan apa yang dilakukan sekarang, dan berusaha terus menciptakan hal yang positif dan menginspirasi banyak orang. “Tidak masalah apapun yang lakukan, hasilnya tidak akan sama, tidak dapat diprediksi. Dan kami akan terus bekerja, dan semoga hasilnya sesuai harapan kami” pungkasnya. (1009)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79994

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1