AS sedang berjuang dengan lonjakan kasus cacar monyet yang parah. Lebih dari 7.100 orang telah terinfeksi. Sejauh ini tidak ada kasus kematian yang dilaporkan dari negara tersebut.

Menanggapi krisis kesehatan ini, pemerintah federal mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat untuk meningkatkan infrastruktur dan menanggapi krisis ini di negara tersebut.

Pengumuman ini akan memastikan bahwa sektor kesehatan AS mendapat banyak bantuan keuangan sehingga mereka dapat memanfaatkan semua sumber daya yang diperlukan untuk pengobatan.

Pasien yang telah terinfeksi virus monkeypox mengalami berbagai gejala parah seperti lesu, demam, benjolan seperti jerawat di bagian tubuh, kedinginan, kelelahan, dan nyeri tubuh, di AS.

Di bawah deklarasi ini, HHS akan dapat menarik uang dari dana darurat, mempekerjakan atau menugaskan kembali staf untuk menangani wabah dan mengambil langkah-langkah penting lainnya untuk menahan penyebaran yang mereka inginkan.

Pejabat di AS telah mendesak warganya untuk menganggap serius wabah ini dan mereka berencana untuk mengambil tanggapan mereka dalam mengatasi virus ke tingkat berikutnya. Pemerintahan Biden pada awalnya menghadapi beberapa kritik karena tidak tersedianya vaksin untuk penyakit tersebut.

Klinik di kota-kota besar seperti New York dan San Francisco menyatakan bahwa mereka tidak memiliki cukup vaksin untuk dipasok ke masyarakat dan permintaannya sangat tinggi. Mereka harus berimprovisasi dan berhenti memasok dosis kedua sehingga orang mendapatkan dosis pertama setidaknya.

Gedung Putih mengatakan bahwa lebih dari 1,1 juta dosis vaksin telah tersedia untuk dipasok. Mereka juga telah membantu meningkatkan kapasitas diagnostik domestik untuk melakukan 80.000 tes dalam satu minggu.