Jakarta, KabariNews.com – Gempa berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang Sumatera Barat pada hari Rabu (30/9) mengundang  perhatian negara-negara asing untuk menyalurkan bantuannya ke Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri saat meninjau lokasi gempa telah mempersilahkan negara-negara asing, atau lembaga asing untuk membantu korban gempa.

Gempa yang mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia ini juga menarik simpatik Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Obama mengucapkan belasungkawa atas musibah tersebut.

Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat saat ini telah menyalurkan bantuan dana sebesar US$ 300.000 kepada Indonesia untuk mendukung proses penanggulangan korban gempa. 

Dana bantuan tersebut merupakan dana awal dari dana yang telah disiapkan sebesar US$ 3 juta, guna penanganan serta pemulihan pasca gempa.

Selain menyalurkan dana bantuan, pemerintah AS juga mempersiapkan tim Bantuan Tanggap Darurat (Disaster Assistance Response Team) untuk bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia.

Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha Pemerintah Indonesia, serta sebagai wujud respons terhadap pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa Indonesia akan menerima bantuan dari negara-negara sahabat dalam penanggulangan bencana ini.

Selain itu, Kedutaan Besar AS juga telah mengirimkan sebuah tim pendahulu dari Jakarta untuk memantau tingkat kerusakan dan kondisi warga AS yang berada di wilayah Padang, Sumatera Barat.

Selain ucapan belasungkawa kepada para korban, Obama juga mengungkapkan bahwa “Amerika Serikat selalu siap untuk membantu Indonesia pada masa sulit seperti ini.”

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33845

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :