Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller pada hari Kamis (15/2) mengeluarkan pernyataan pers yang mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas partisipasi yang tinggi dalam pemilu yang berlangsung pada hari Rabu (14/2).

“Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kekuatan komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi serta lembaga-lembaga pemilihan umum,” kata Miller. “Kami menantikan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil resmi pemilu.”

Miller menambahkan bahwa tahun ini, seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia, Amerika Serikat berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta lembaga-lembaga legislatif, untuk mewujudkan prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara.

“Prioritas tersebut termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional,” kata Miller.

“Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra dekat, yang dipandu oleh prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kemitraan Strategis Komprehensif,” kata Miller. “Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kita akan bekerja untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21.”

Sumber foto: Edmond Dantès / Pexels.com

Baca Juga: