Anak ObesitasBeberapa tahun belakangan ini, menurut The American Heart Association, gejala obesitas anak di Amerika cenderung meningkat. Itulah sebabnya masalah ini menjadi sorotan penting Michelle Obama. “Anak adalah masa depan keluarga dan bangsa, kita harus membuat mereka sehat dan bahagia,” tekan ibu Presiden AS itu. Maka, bulan lalu dicanangkanlah gerakan memasak di rumah, artinya agar ibu-ibu lebih meluangkan waktu untuk memasak sendiri di rumah dari pada membeli masakan instan atau membeli di restoran cepat saji.Selain meningkatkan pola hidup sehat serta makan makanan di rumah, pola didikan secara keseluruhan sangatlah berperan penting. Didikan yang otoriter dari para orang tua, menurut The American Heart Association dapat membuat anak stres dan kemudian mencari kenyamanan lewat makanan. Dua hal itulah saling terkait.

Amy Chua yang dikenal sebagai Tiger Mom setelah merilis buku ’Battle Hymn of the Tiger Mom’ (2011) mendidik anaknya dengan pola asuh orang tua di China yang sangat disiplin dan ketat meski dia dan keluarga hidup di Amerika. Amy Chua menggunakan istilah Tiger Mom yang berarti seorang ibu yang sangat disiplin. Buku ini dan pendapat Amy Chua pun menimbulkan kotroversi. Didikan Amy Chua terhadap anak-anaknya dianggap terlalu superior dan dapat menyebabkan tumbuh kembang anak-anak menjadi pribadi yang bukan pribadi aslinya serta mengganggu perkembangan emosi.

Mengomentari didikan Tiger Mom, Alan Paul, seorang penulis lepas dan kolumnis di Wall Street Journal yang tinggal di Tiongkok mengatakan, bahwa dia hidup di negara tempat asal Amy dan melihat secara langsung didikan para orang tua di sana. “Saya lebih memilih menjadi ‘Panda Dad’ yaitu ayah yang memberikan kasih sayang dan rajin memeluk anak-anak tapi tidak takut untuk mengeluarkan cakar untuk kedisiplinan,” katanya. Anak butuh waktu untuk bermain, bersosialisasi dengan anak-anak lain, dan anak harus bangga menjadi dirinya sendiri bukan demi membanggakan orang tua saja. Menurut Alan Paul, dia tidak mendebat Amy, dia hanya mengeluarkan pendapat tentang perbedaan pola asuh anak.

Anak Obesitas

Terhitung 37 persen anak umur 6 sampai 11 tahun di Amerika serta Kanada mengalami obesitas karena didikan orang tua yang sewenang-wenang. Memaksa anak melakukan atau melarang sesuatu, tanpa penjelasan, dapat membuat sang anak mencari pembenaran sendiri dengan teman-teman sebaya. Mereka dapat curi-curi waktu melakukan yang dilarang atau jajan di luar untuk memuaskan rasa penasarannya.

“Anak-anak dari orang tua yang sewenang-wenang, memiliki kesempatan 30 persen lebih tinggi mengalami obesitas pada usia 2 sampai 5 tahun dan kesempatan 37 persen lebih tinggi pada usia 6 sampai 11, tahun,” menurut Dr. Lisa Kakinami, peneliti dari Dept. of Epidemiology, Biostatiscs and Occupational Health, McGill University, Kanada. “Jika anak diperlakukan dengan penuh kasih sayang dan disiplin yang sewajarnya serta komunikasi yang baik, maka mereka cenderung tidak obesitas,” tambahnya.

Selain itu, orang tua juga harus konsisten jika mendidik anak-anak dengan pola makan hidup sehat, mereka pun harus hidup sehat. Jangan membiasakan memberikan hadiah dengan cara mentraktir es krim atau pergi ke restoran cepat saji, alangkah baiknya seperti kata Michelle Obama, masakkan makanan favorit mereka atau buatlah kue yang tentunya lebih sehat.

Sebuah penelitian dari Oregon Learning Social Center di Oregon State University menunjukkan, bahwa anak-anak yang orang tuanya mengatur waktu menonton televisi, cenderung tidak mengalami obesitas bila dibandingkan dengan mereka yang sering menonton televisi, komputer dan main PS atau Xbox. Faktor emosional mereka juga akan lebih sehat. Beberapa orang tua membiarkan anak menonton televisi saat mereka makan dan minum susu. Hal ini memang membuat mereka mudah makan tapi mereka akan sering menghabiskan atau menambah porsi yang lebih besar, bukan porsi takaran sesungguhnya. Berikan waktu sekitar dua jam di depan televisi dalam sehari dan biarkan mereka aktif bermain di luar. Hal ini mengurangi anak menjadi obesitas. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62919

Untuk melihat Artikel Amerika / Parenting lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan