Pernah mengalami mual, muntah, sakit perut, dan diare setelah makan makanan yang dirasa kurang bersih? Hmm.. gejala yang Anda alami bukanlah reaksi biasa, karena itu adalah efek dari keracunan ringan akibat mengkonsumsi makanan yang kurang higienis.

Mual, muntah disertai sakit kepala adalah gejala umum yang kerap dialami penderita keracunan, karena itu waspadalah dengan makanan yang akan Anda asup. Agar tidak terjadi lagi, ada baiknya Anda mulai selektif memilih makanan yang akan dimakan. Tapi jangan langsung khawatir, jika terjadi lagi keracunan ringan, Anda bisa menetralisirnya dengan bahan-bahan alami.

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala keracunan makanan tingkat ringan ini. Cara alami ini menggunakan bahan-bahan yang bisa Anda temukan dan gunakan di rumah dengan mudah. Penasaran? Ini dia beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan keracunan makanan.

Teh

Anda bisa memanfaatkan seduhan teh hangat untuk meredakan keracunan makanan. Rasa hangat dan aroma teh yang kuat efektif menghilangkan gejala keracunan. Anda bisa menambahkan madu, mint atau daun basil untuk menambah rasa. Bahan-bahan tersebut juga member manfaat positif diantaranya dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Jahe

Air jahe hangat, juga bisa digunakan untuk meredakan keracunan ringan. Lebih enak lagi jika dicampur dengan madu. Campurkan satu ruas jahe yang sudah dimemarkan dengan satu sendok madu, lalu seduh dengan air panas. Aduk rata dan biarkan hangat. Aroma jahe dan rasa hangatnya mampu mencegah perdangan dalam perut dan menghilangkan rasa mual. Ramuan ini sangat mudah dibuat, dan berkhasiat untuk kesehatan.

Buah Delima

Tak banyak yang tahu jika buah delima juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati keracunan ringan. Rasa buah yang masam manis ini dapat meredakan mual dan muntah, karena itu buah ini dipercaya dapat meredakan keracunan. Tak hanya buahnya yang berkhasiat, karena pohon dan daunnya juga baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Gula merah

Sering muntah dan sakit perut yang disebabkan oleh keracunan makanan seringkali menyebabkan seseorang merasa lemah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan gula merah. Caranya mudah, langsung dimakan (dihisap/diemut) seperti makan permen. Gula merah berkhasiat untuk memberikan Anda energy untuk pemulihan.

Jintan

Aroma jintan yang kuat dapat meredakan rasa mual dan muntah. Tambahkan sedikit jintan halus pada makanan atau sup hangat. Cara ini juga dapat meredakan peradangan yang terjadi di perut akibat mual dan muntah.

Jus lidah buaya

Jus lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Caranya, Anda hanya perlu menggunakan 60 gram lidah buaya yang sudah dijus atau dihaluskan. Konsumsi jus lidah buaya ini tiga kali sehari untuk meredakan gejala dan rasa sakit akibat keracunan makanan.

Yogurt

Meski seringkali yogurt dikaitkan dengan diet dan kesehatan pencernaan, namun bahan alami satu ini juga bisa digunakan untuk meredakan gejala keracunan makanan. Yogurt sangat bermanfaat terutama jika Anda sering mengalami mual dan muntah saat keracunan makanan. Yogurt akan menyembuhkan muntah dan sakit perut akibat keracunan. Ini disebabkan oleh microorganisme dalam yogurt yang akan membantu Anda melawan keracunan makanan.

Lemon

Zat asam yang ada dalam lemon sangat efektif untuk meredakan keracunan makanan. Konsumsi tiga sampai empat gelas jus lemon untuk mengobati keracunan makanan. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam. Garam akan membuat jus lemon semakin efektif untuk menyembuhkan keracunan makanan.

Pisang

Potasium yang terkandung dalam pisang  mengandung banyak enzim akan membantu Anda melawan keracunan makanan dengan mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Tak hanya mengurangi sakit perut dan diare, bahan alami ini juga membantu Anda cepat pulih.

Beberapa bahan alami diatas sangat mudah didapat dan diolah, jadi kini tidak perlu khawatir  jika ada salah satu anggota keluarga atau bahkan Anda sendiri mengalami keracunan makanan ringan. Ada satu bahan alami lagi yang tidak boleh dilewatkan, ialah air. minumlah banyak air untuk menstabilkan cairan dalam tubuh. air membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh melalui keringat dan urine. Selain  itu air juga membantu mempercepat penyembuhan dan mengatasi dehidrasi.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69559

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan