KabariNews – ‘Melalui AYCIF 2015 Indonesia mengundang pelaku industri kreatif dari negara anggota ASEAN dan Jepang untuk berdiskusi, berjejaring, dan memamerkan karya dan produknya di Kawasan Kota Tua, Jakarta’

Indonesia menjadi tuan rumah pertama dalam acara regional ASEAN Youth Creative Industry Fair (AYCIF) 2015. Didukung oleh Japan ASEAN Integration Fund (JAIF), ASEAN, Kementerian Koperasi & UKM RI dan UKM Center FE-UI (Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia), acara ini terselenggara untuk memacu semangat generasi muda di negara-negara sahabat ASEAN dan Jepang di bidang industri kreatif, seperti fesyen, desain produk dan kerajinan tangan, film dan animasi serta games.

Rangkaian acara AYCIF 2015 telah bergulir sejak Februari 2015 dengan ajang AYCIF Creativepreneur Competition, dimana 15 pakar industri kreatif 4 sub sektor industri terkait diundang dari seluruh penjuru ASEAN untuk menyeleksi wirausaha muda terbaik untuk memberikan kesempatan dan peluang menampilkan dan mengembangkan produk mereka pada puncak acara AYCIF 2015 yang digelar selama 2 hari di Kota Tua, Jakarta pada 28-29 Agustus 2015.

Industri kreatif merupakan bentuk usaha yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Bisnis ini akan terus berkembang seiring kreasi dan karya yang para pelaku kreatif. Sebagai pola pendorong baru dalam perekonomian yang berbasis pada kreativitas, maka hal ini sangat berkaitan erat dengan sumber daya manusia.

Banyak wirausaha muda ikut ambil bagian untuk memamerkan karya-karyanya. Kesempatan ini sekaligus menjadi peluang besar untuk menarik pengunjung dan memperkenalkan produk kreatif mereka. Tak hanya pengusaha muda Indonesia, tapi juga dari beberapa negara ASEAN turut hadir menyemarakan puncak acara AYCIF 2015 di Jakarta. Kota tua sengaja dipilih sebagai lokasi puncak acara. Penyelenggara mengungkapkan bahwa tata letak ini diharapkan mendorong pengunjung untuk tidak hanya melihat bidang yang paling diminati, tetapi juga menengok bidang-bidang kreatif lain yang tersedia. “Kita tidak hanya memakai area terbuka di Kota Tua, tapi juga tempat-tempat di sekitarnya. Acara ini terbuka untuk umum, jadi semua bisa menikmati” kata Gilang Ageng, project director AYCIF 2015.

Di areal kompleks Museum Fatahillah tersedia bazaar kreatif dari produk-produk anak muda dari negara-negara Asean, dari Indonesia, Brunei, Thailand, Malaysia, Jepang dan masih banyak lagi. Mereka hadir membawa produk-produk dari mulai kerajinan tangan, desain, dan lainnya. Ada pula seminar tentang film, games dan aplikasi, fashion show dari finalis dan sekolah fashion Indonesia juga cukup diminati. Tak hanya itu saja, ada pula proses pembuatan kerajinan oleh pengerajin tradisional Indonesia.

“Ajang ini penting bagi kami yang baru dalam dunia usaha. Selain bisa menambah pelanggan. Di sini pelanggan baru bisa melihat dan memegang baju-baju kami langsung, jadi bisa tahu seperti apa kualitas produk kami” kata Luna salah satu peserta pameran.

Acara-acara kreatif seperti ini kata Luna sangat membantu usaha kecil, dan bisa bertemu dengan banyak pelaku usaha. “Kita bisa bersilaturahmi dengan sesama pengusaha, bisa melihat karya-karya kreatif dari negara-negara tetangga. Acara ini bagus. Mudah-mudahan acara seperti ini bisa digelar terus” paparnya.

Cahyo (45) sengaja datang dari Bandung karena penasaran produk kreatif apa saja yang dijual di pameran AYCIF 2015. “Awalnya penasaran, karena ini kan ASEAN tentunya banyak produk dari negara lain yang bisa dilihat, dan ternyata banyak ragamnya. Indonesia juga tak kalah, banyak yang kreatif. Saya tertarik dengan gelang kertas yang dijual di stan Batu Gunting Kertas, tidak sangka ini kreatif sekali” kata Cahyo yang datang bersama keluarga.

Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan yang baik untuk industri kreatif anak muda se-ASEAN dan Jepang agar dalam jangka panjang industri kreatif bisa menjadi salah satu unsur penting dalam perekonomian, terlebih Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015. Melihat besarnya skala dan kompleksitas dari acara ini, AYCIF tidak diragukan bisa menjadi momen yang tepat bagi seluruh anak muda agar dapat memperlihatkan dan mengembangkan kemampuannya terutama dalam bidang kewirausahaan di industri kreatif. (1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79706

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

kabari store pic 1