Memanaskan makanan dalam microwave mungkin sudah menjadi kebiasaan Anda untuk menghangatkan makanan karena dirasa praktis dan menyingkat waktu. Hmm.. Ada baiknya kurangi kebiasaan itu, sebab ada beberapa yang perlu dicermati tentang bahaya radiasi atau cahaya yang  ada pada microwave.

Beberapa ahli menyebutkan, penggunaan microwave yang terlalu sering juga dapat mempengaruhi kesehatan, diantaranya dapat mengurangi nutrisi pada makanan. Salah satu yang membahayakan adalah,  terpaparnya kandungan karsinogen saat pemanasan sehingga memperbesar risiko terkena kanker. Berikut ini beberapa bahaya yang ditimbulkan karena menggunakan microwave terlalu sering

Karsinogen

Ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian bahwa radiasi didalam microwave dapat mengkonversi bahan kimia organik dalam makanan menjadi penyebab senyawa kanker.

Membunuh antioksidan

Menurut sebuah studi tahun 2003 oleh The Journal of Science of food and agriculture bahwa memasak dengan microwave dapat melawan antioksidan dari penyebab kanker.

Mempengaruhi kesehatan jantung

Radiasi yang dipancarkan oleh microwave juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Sebuah studi oleh Dr. Magda Havas dari Trent University menunjukan bahwa radiasi dari microwave langsung mempengaruhi jantung karena dapat meningkatkan denyut jantung secara langsung.

Menghilangkan nutrisi

Memasak dengan microwave akan cepat menghilangkan vitamin dan mineral yang terkandung pada makanan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pemanasan pada microwave dapat menghancurkan manfaat nutrisi dari makanan. Sebagai contoh, sebuah studi 1999 Skandavia menunjukan bahwa allicin (nutrisi utama dalam bawang putih} secara substansial akan habis stelah 60 detik dari pemanasan dengan pemanasan dengan microwave.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67944

Untuk melihat artikel Serba-Serbi lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan