Bandung , Jawa Barat terus berbenah demi menjadikan kota yang bersih dan asri. Dalam waktu dekat ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan menggulirkan ‘gerakan pungut sampah 30 menit’, dimana nantinya kegiatan ini akan dilakukan sebelum masuk sekolah oleh para pelajar untuk meningkatkan kepedulian individu pada penanganan sampah.

Ridwan menjelaskan, kegiatan ini tak hanya berlaku bagi para pelajar saja, tapi semua masyarakat Bandung. “Pekan depan, gerakan pungut sampah dilakukan 30 menit sebelum masuk kelas dan kerja. Semua dilibatkan, baik pelajar, guru, dosen, TNI, PNS, Polri dan swasta” paparnya.

Pelaksanaan program baru ini akan dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat, mulai pukul 07.30 -08.00 WIB. Ridwan berharap program ini dapat membangun kebiasaan masyarakat untuk lebih perduli terhadap sampah, sehingga dapat tergerak menjaga kebersihan di lingkungan sekitar mereka. “Perlu ada gerakan bersama, massal dan menjadi kebiasaan untuk memungut sampah kemudian membuangnya ke tong sampah sesuai (jenis) sampah, baik organik dan nonogranik” katanya.

Ridwan pun terus mempublikasi program Pemerintah Bandung melalui twitter pribadinya. “Hanya 30 menit di radius 300 meter dari sekolah dan tempat kerja kita” tulisnya.

Tak hanya membuat sebuah kebijakan, Wali Kota murah senyum ini juga bersedia memberikan hadiah kepada warga yang bisa menjadi teladan dalam gerakan pungut sampah. “Kebijakan ini dikemas semenarik mungkin, jadi akan ada hadiahnya. Misalnya doorprize” ujarnya.

Untuk mendukung program terkait dengan masalah sampah, lebih dulu Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan tempat sampah di sepanjang jalan. Bahkan pemprov juga membangun kantor sampah yang di tempatkan di pasar-pasar tradisional dan menambah armada angkutan truk sampah.  “Kita terus mengupayakan penanganan sampah di Kota Bandung, dengan berbagai cara dan upaya sehingga nantinya tumbuh budaya dan kebiasaan dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar” pungkasnya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67089

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Hosana