Peserta Parade dari rombongan KMI_DFWKabariNews – Texas, Amerika Serikat. Kemeriahan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia memang sudah berlalu. Tapi bagi Diaspora Indonesia yang tinggal di Texas, Amerika kegembiraan ini masih dirasakan. Karena cuaca di salah satu negara bagian Amerika itu begitu panas (40 derajat) pada bulan Agustus, Diaspora Indonesia di Texas baru menggelar perayaan dirgahayu RI ke 71 pada 1 Oktober lalu, mengingat puncak musim panas berakhir pada September. Demi Indonesia tak ada kata terlambat. Sebagai bukti cinta Tanah Air, semua berkumpul dan berbagi kebahagiaan dalam memperingati HUT RI ke 71 tahun.

Mengusung tema ‘Festival Indonesia 2016’, acara ini diprakarsai oleh Komunitas masyarakat Indonesia Dallas/ Fort Worth (KMI-DFW). KMI-DFW merupakan organisasi masyarakat Indonesia yang tinggal di Dallas, Texas dan sekitarnya, didirikan oleh Asman Nasution sekitar tahun 1990. Tak hanya merekatkan sesama diaspora, KMI-DFW berperan aktif mempromosikan budaya Indonesia di tanah Texas.

“KMI-DFW juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi yang tergabung dalam Dallas/Fort Worth Asian Community (Komunitas Masyarakat Asia Dallas/Fort Worth) salah satunya dengan mengirimkan penari-penari Indonesia di tiap acara mereka” ungkap Nancy Lopez, mantan ketua umum KMI-DFW yang baru saja digantikan oleh Susy Benchoff untuk masa periode 2016-2018.

emenang Lomba Olah raga berfoto bersama dengan Bapak Sarainsong dari KJRI HoustonSemarak acara yang diadakan di Russell Creek Park, Plano, Texas ini diisi dengan penyerahan tropi untuk perlombaan 17 Agustus ( PORDAF Pekan Olah Raga Dallas/Fort Worth ) Futsal, Bowling, Badminton, voli dan basket.

Berbagai lomba pun ikut meramaikan perayaan tersebut. Lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba makan kerupuk menjadi ajang yang tak dilewatkan oleh para diaspora. Semua ikut berpartisipasi,  tua dan muda berbaur merayakan Kemerdekaan Indonesia sambil mengenang masa-masa di negeri tercinta, Indonesia. Tari Poco-poco yang diperagakan oleh putra dan putri Indonesia juga tak kalah menghibur.

Food Bazaar kali ini juga diramaikan dengan beragam jajanan dan masakan khas nusantara. Aneka masakan seperti, nasi kapau, nasi pecel, nasi bebek, nasi gudeg, nasi campur, nasi bandeng presto, lontong Medan, siomay, batagor, bakwan Malang, mie ayam, lemper, botok tempe, nasi uduk, nasi ayam betutu, aneka sambal, ayam woku, ayam rica-rica, es cendol, lemper bakar, kue lapis legit dan lain sebagainya tersedia untuk memuaskan kerinduan para diaspora Indonesia.

Saking kangennya dengan masakan Indonesia, hampir semua stand penjual laris diserbu pengunjung. Salah satunya, Eddie Suartana pemilik Eci’s Bakery yang mengaku puas dan senang bisa mengikuti acara ini, dagangannya laris manis.

Hari sebelumnya, tanggal 30 September, para anggota KMI-DFW yang didukung oleh KJRI Houston Bapak Sarainsong beserta istri, Dallas Fashion for Charity bimbingan Henny Hughes, dan Pencak Silat Dallas pimpinan Lee Lynch, turut memeriahkan acara Parade Hari Pembukaan State Fair Texas 2016.

State Fair Texas 216 merupakan acara tahunan yang digelar oleh Pemerintah Negara Bagian Texas di Kota Dallas ini, dimana acara ini digelar untuk mempromosikan bisnis-bisnis yang ada di seluruh penjuru Texas. Pada kesempatan itu juga, KMI-DFW dengan bangga mempromosikan Indonesia. Dengan balutan baju adat Indonesia, anggota KMI-DFW yang turut serta dalam parade, tampil anggun dan mencuri perhatian penonton. **(laporan Diaspora Indonesia – Enny Elisson)