Berawal dari kegelisahan Michael Wirawan yang melihat batik itu selalu identik dengan orang tua dan terlihat uzur. Dia memberanikan diri untuk mengembangkan bisnis batik modern yang fresh dengan nama Flike Store.

Saat itu usia Michael baru berusia 19 tahun dan masih kuliah. Batik banyak dijual dengan ukuran-ukuran besar, nampak old school dan tidak modern, terlebih jauh dari kesan muda.

Michael lalu mencoba membuat kemeja/baju batik dengan cutting-cutting-nya yang modern. Cutting seperti slim fit, melingkar yang cocok dengan anak muda seperti dirinya.

Dia kemudian testing dan mencoba pakai batiknya sendiri untuk acara kumpul-kumpul. Seraya trial and error dan tidak ada mention apa-apa. Cuma mau ngetes baju yang dipakainya bagus atau tidak dilihat oleh rekan-rekannya. Gayung bersambut, responsnya sangat positif. Michael lalu mengatakan bahwa batik itu adalah produknya sendiri. Flike Store pun mulai berjalan.

Michael bercerita Batik Flike Store berbeda dari brand-brand batik lainnya. Berdiri enam tahun lalu, tetap setia di market online. Hal yang berbeda, kendati orang tuanya sendiri juga berkecimpung dalam industri yang sama.

“Orang tuanya berada di industri yang sama bedanya mereka bergerak di bidang konvensional yang traditional market. Saya melihat peluangnya untuk jualan online. Saat merintis Flike Store, marketplace masih tidak terlalu banyak,” katanya kepada KABARI.

Michael pun memanfaatkan media sosial, instagram (IG). Tes jualan dan berujung cuan, perkembangannya dari awal sudah 145 ribu followernya dan masih menjadi top leader market untuk kategori batik modern anak muda.

Oh iya, batik yang dijual di Flike Store bukanlah batik tulis. Salah satu alasannya batik tulis itu biasanya harga batik tulis mahal. “Kalau kita main di batik modern dengan target marketnya adalah anak muda, kita gak bisa effort ke batik tulis,” imbuhnya.

Makanya itu, Flike Store lebih ke batik cap dan printing. Ada anggapan kurang orisinal dan Indonesia? Tidak juga, karena Michael punya alasannya sendiri, dia mengatakan walaupun batik Flike Store adalah printing atau cap tetapi yang di-printing adalah batik asli dari Indonesia, jadi bisa speak up ke banyak orang dan anak muda bisa represent batik. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :