Pertengahan September lalu, tepatnya pada 11 September waktu setempat atau 12 September waktu Indonesia, event fashion New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) sukses digelar.

Acara fashion yang diproduseri oleh Vanny Tousignant dan digelar di  kawasan 48 Wall Street New York, ini diikuti oleh  beberapa desainer Indonesia dan  perancang busana diaspora Indonesia dari AS.

Diantara para desainer yang menampilkan koleksi terbaiknya, ada designer asal Bandar Lampung, Laila Al Khusna dengan brand Batik Siger by Una yang menyedot perhatian dengan Batik Lampung.

Keikutsertaan kali pertama Batik Siger di NYIFW ini karena Una sapaan akrab Laila Al Khusna ingin melebarkan sekaligus mengenalkan Batik Lampung ke dunia internaisonal.

“Jadi salah satu tujuan kami go internasional adalah untuk melebarkan sayap wastra Lampung. Di NYIFW kemarin kami mengangkat  batik tulis warna alam dipandu dengan tenun warna alam yang disulam dengan motif tapis,” tutur Una kepada KABARI.

 “Kali pertamanya desain dengan tampilan batik Lampung dipadu dengan tenun yang disulam motif tapis. Karya ini diharapkan dapat mengangkat nama Lampung di dunia fashion internasional,” tambah Una.

Syukur, karya busana yang ditampilkannya mendapatkan sambutan yang sangat baik. Para audiens kagum terhadap karya Batik Siger.  

“Memang tujuan kami adalah membuka mata dunia di Lampung ada batik dan wastra lain yang cukup menarik untuk dikombinasikan dipadupadankan sehingga menjadi busana yang enak dilihat dan nyaman digunakan,” ujarnya.

Untuk proses pembuatan Batik Siger dilakukan secara tradisional dengan melibatkan perajin lokal Lampung baik untuk sulaman motif tapis hingga batik tulisnya.

Dan hampir 60 persen Batik Siger memproduksi batik dengan mengunakan warna alam karena mengikuti program pemerintah untuk ramah lingkungan.  Selain itu juga menyertakan anak-anak disabilitas supaya mereka mempunyai tempat mengembangkan skill di bidang batik dan bisa mendapatkan pendapatan untuk kehidupannya.

Setelah mengikuti NYIFW jika tidak ada haral melintang, Batik Siger akan meramaikan Dubai Fashion Week yang dihelat pada akhir tahun nanti.