Belum banyak orang Indonesia yang berbisnis kue tradisional di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat. Namun Ollyvia Putri merupakan suatu pengeculian. Di Amerika, Ollyvia berbisnis kue Lapis Legit. Seperti diketahui, Lapis Legit adalah salah satu jenis kue basah tradisional. Kue ini sangat popular di Indonesia. Disajikan pada acara-acara tertentu dan hari-hari raya, seperti Imlek, Lebaran, dan Natal.

Ollyvia berbekal resep kue Lapis Legit warisan sang nenek, mendirikan bisnis yang diberi nama Lapis 312.  Ollyvia lewat brandnya, menjajakan kue Lapis Legit di beberapa wilayah AS, dari Georgia sampai Texas. Via online dan offline, penuh tantangan menjual Lapis Legit  di Amerika.  KABARI beberapa waktu yang lalu berkesempatan melakukan wawancara dengan Ollyvia. Kita berbincang mengenai usaha Lapis Legitnya, berikut kutipannya.

Memiliki bisnis Lapis Legit di Naperville, Illinois. Bisa diceritakan kapan mulai berbisnis ini?

Saya memulai bisnis Lapis312 di Chicago pada awal tahun 2019. Sebelumnya, sempat partneran dengan kakak saya di tahun 2016 dan memulai bisnis berjualan Kue Lapis Legit beserta pastry lainnya di Singapura. Nama bisnisnya adalah “Ollella” (yang diambil dari 3 huruf di awal nama aku “Ollyvia” dan 4 huruf di akhir nama kakak aku “Marcella”).

Pada tahun 2018, pindah kembali ke Chicago setelah menikah dengan suami dan kakak saya yang meneruskan bisnis Ollella di Singapura. Pada saat itu, saya memang ada rencana untuk melanjutkan bisnis berjualan Kue Lapis Legit di AS karena ini hobinya saya.

Anda belajar membuat lapis legit dari mana?

Ketika masih kecil, nenek sering membuatkan Lapis Legit untuk saya dan sekeluarga. Dan seiring bertambahnya umur, dia sudah tidak sanggup lagi karena proses pembuatannya memerlukan waktu yang sangat panjang dan cukup melelahkan. Karena saya dan kakak (Marcella) rindu dengan Lapis Legit, kami akhirnya meminta resepnya dari nenek dan sesekali bertanya dengan dia mengenai keraguan kami.

Pada awalnya, kami hanya ingin membuat ini untuk kebutuhan pribadi, yaitu ketika merayakan hari raya imlek, hari raya natal, ulang tahun, serta kumpul-kumpul antar keluarga besar. Namun, kami berpikir kembali, sangat disayangkan jika kami tidak meneruskan warisan dari nenek yang sangat berharga ini. Maka dari itu kami mendirikan Ollella dan menjadikan Kue Lapis Legit sebagai produk utama kami di tahun 2016. Setelah berhasil membuat Lapis Legit rasa Spiced/Spekkoek dan Prune, kami mulai mengimprovisasi rasa tradisional ini. Dan pada awal tahun 2016, kami merupakan pelopor toko Lapis Legit yang menciptakan Lapis Legit rasa Nutella di seluruh dunia.

Ketika pindah ke AS dan menjual rasa Nutella di sini, reaksi pembeli lumayan kaget dan penasaran. Ketika mereka mencobanya, ada lumayan banyak yang cocok dan akhirnya rasa Nutella yang menjadi rasa terfavorit mereka. Berdasarkan hasil penjualan di tahun 2021, Nutella menduduki juara 2 di daftar rasa paling favorit (juara 1: Original Butter).

 

Bagaimana bahan-bahan yang digunakan?

Untuk Kue Lapis Legit, saya menggunakan 100% mentega Wijsman. Ini merupakan resep dari nenek turun-temurun yang tidak mau saya ubah-ubah. Untuk Lapis Legit yang rasa Spiced/Spekkoek, saya juga meracik bumbu sendiri dan tidak menggunakan bumbu spekuk yang instan. Di luar Kue Lapis Legit, saya menggunakan mentega premium dari Eropa. Semua produk-produk juga bebas bahan pengawet. Saya panggang fresh semua pesanan 1-2 hari sebelum tanggal pengiriman.

Sejauh ini dipasarkan dimana saja lapis legit yang Anda buat? Dan bagaimana respon dari pelanggan di AS?

Awalnya aku mulai berjualan melalui situs Facebook dan Instagram (2019-2020). Pada awal tahun 2021, aku mulai berjualan melalui online store (www.lapis312.com). Dan pada kuartal ketiga tahun 2021, aku mulai menjual produk di Waroeng (Indonesian grocery store) yang terletak di Schaumburg, IL. Dan pada kuartal ketiga tahun 2022, saya mulai menjual lapis legit ukuran 1/4 (quarter) di toko dan restoran yang terletak di luar Illinois. Berikut adalah lokasi-lokasinya, Indoeats Foodmart di Atlanta, GA, Cafe Pendawa di Philadelphia, PA, Medan Kitchen di Rosemead, CA, Ori-Deli di San Jose, CA,  Aneka Market di Rochester, NH, Twin Panda di Austin, TX. Saya bersyukur sekali respon dari pelanggan.

Ada banyak yang bilang mereka senang bisa lihat menu dan paket-paketnya online. Website memperbolehkan pembeli untuk melihat jadwal-jadwal pengiriman berikutnya dan memilih tanggal pengiriman di 3 bulan ke depan yang cocok bagi mereka. Apabila jadwal saya sudah penuh untuk tanggal tertentu, maka jadwal pengiriman tanggal tersebut akan ditutup (blacked out).

Ada banyak juga yang bilang mereka senang bisa membayar menggunakan kartu debit maupun kredit apabila pesan online. Banyak juga yang senang bisa membeli Kue Lapis Legit ukuran 1/4 (quarter) di Indonesian grocery store di kota mereka.

Apakah kebanyakan yang membeli orang Amerika, diaspora atau mereka yang tahu kue lapis legit?

Pelangga rata-rata orang diaspora Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Mereka yang awal mulanya rindu kue Lapis Legit, mencoba Lapis Legit Lapis312, dan pada suka. Akhirnya membagikan ke keluarga, teman-teman dan rekan kerja supaya mereka tahu keberadaan Lapis312.

Selain lapis legit, apakah ada kue lain yang dijual?

Selain Lapis Legit, saya jual Lapis Surabaya / Spiku, kue” kering (seperti Nastar, Kue Kacang Almond, Sagu Keju, dan Kastengel), serta Srikaya (Kaya Jam).

Tantangan menjual kue lapis legit di AS?

Tantangannya bisa dibilang berubah-ubah dari awal hingga saat ini. Awalnya lumayan sulit mencari pembeli yang mau mencoba lapis legit. Lalu teman-teman dekat yang berani mencoba dan mereka suka banget. Katanya mereka tidak pernah merasakan yang seenak ini bahkan pas dulu masih di Indonesia. Lalu mereka membagi-bagikan ke relasi dan posting foto di media sosial. Dengan demikian, Puji Tuhan, pelan-pelan, pelanggan kami bertambah banyak.

Pada akhir tahun 2020, ketika sibuk-sibuknya baking, saya  tidak sempat membalas pelanggan-pelanggan yang mau pesan. Ketika aku balas pesan mereka, mereka sudah offline karena sudah larut malam. Oleh karena itu, saya kepikiran untuk membuat online store di awal tahun 2021. Tujuannya supaya pembeli yang siap untuk memesan, bisa langsung beli melalui website, mempersingkat proses pemesanan.

Saya juga sekarang sedang berusaha memperbaharui kemasan-kemasan produk saya supaya lebih berkesan bagi penerima dan mudah dikenali pembeli ketika mereka berkunjung ke toko” / restoran” di dekat tempat tinggal mereka.

Terakhir rencana kedepan dari bisnis kue yang Anda jalankan?

Rencana ke depannya, saya mau berusaha memperkenalkan produk-produk ke orang-orang asing yang belum pernah mendengar kue-kue khas Indonesia. Lumayan banyak pelanggan yang kasih. Apabila Tuhan berkenan, suatu hari nanti saya ada rencana untuk membuka toko retail Lapis312 di dekat Naperville, IL supaya orang-orang lokal di sini bisa mengenal kue-kue tradisional Indonesia.

Simak video pilihan Kabari dibawah ini